Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Warga Padang Apresiasi Puasa di Indonesia Serentak

Rabu 17 Jun 2015 11:13 WIB

Red: Angga Indrawan

Sidang Isbat

Sidang Isbat

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sejumlah warga Kota Padang, Sumatera Barat, mengapresiasi keputusan bersama antara pemerintah, Muhammadiyah, dan Nahdathul Ulama mengenai awal bulan Ramadhan 1436 H. Puasa di Indonesia serentak pada 18 Juni 2015.

"Patut diacungi jempol keberhasilan upaya pemerintah menyamakan jadwal puasa tahun ini, kami berharap hal ini juga berlaku untuk Idul Fitri mendatang," kata seorang pedagang di Kelurahan Banda Buek Padang Vera, di Padang, Rabu (17/6).

Dia mengaku cukup cemas jika jadwal kembali berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah. Namun katanya, perasaan tersebut sirna saat mengetahui dari sidang isbat Kementerian Agama pada Selasa (16/6) yang menyebutkan bahwa pelaksanaan puasa serentak.

Menurutnya, dengan serentaknya jadwal puasa tersebut menjadikan warga lebih tenang menjalankan ibadah sebab bila terjadi perbedaan lagi dalam penentuan Ramadhan hal ini akan mengurangi kebersamaan pada bulan Puasa. Untuk itu dia berharap persamaan awal puasa tersebut dapat berlanjut pada saat penentuan 1 syawal mendatang.

Senada dengan Vera, warga Kelurahan Kapalo Koto Delis (47) menilai serentaknya jadwal puasa tersebut membuktikan adanya keberhasilan pemerintah menyatukan dua ormas Islam terbesar yakni NU dan Muhammadiyah. Sebab katanya, sejauh ini adanya perbedaan jadwal penentuan Ramadhan atau Lebaran, lebih bertolak ukur kepada dua ormasi Islam tersebut.

"Dengan begini tidak perlu lagi menanyakan kepada saudara sudah puasa? Atau masih puasa?" ucapnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA