Ahad 14 Jun 2015 01:19 WIB

Universitas Muhammadiyah Magelang Buka Apotek

Universitas Muhammadiyah Magelang.
Foto: Ist
Universitas Muhammadiyah Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang membuka apotek di Jalan Raya Magelang-Kopeng di Desa Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dekan Fikes UMM Puguh Widiyanto di Magelang, Sabtu, mengatakan gagasan membuka apotek di daerah itu untuk memudahkan masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan.

"Karena di sekitar daerah ini belum terdapat apotek," katanya saat peresmian apotek itu oleh Rektor UMM Eko Muh Widodo yang ditandai pelepasan balon. Tempat itu diberi nama Apotek Unimma Medika.

Manfaat lainnya dari layanan apotek yang dikelola oleh Program Studi Farmasi Fikes UMM itu, katanya, untuk meningkatkan swamedikasi secara rasional oleh masyarakat.

Dari sisi akademis, katanya, tempat itu bisa menjadi apotek pendidikan, di antaranya tempat praktik para calon tenaga teknis kefarmasian. Selain melayani pembelian dan konsultasi obat, apotek tersebut juga menyediakan pelayanan pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat, dan tensi. Apotek juga melayani resep dokter.

Kepala Prodi Farmasi Fikes UMM Elmiawati Latifah mengatakan pembukaan layanan apotek juga ditandai dengan pengobatan gratis yang diikuti 75 warga setempat.

"Selain itu, juga hiburan masyarakat berupa tarian dan musik 'hadroh'," katanya.

Apoteker Pengelola Apotik Unimma Medika Akhlis Rifai mengatakan setiap hari apotek buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB dengan menyediakan 150 item obat, yang terdiri atas obat bebas, obat bebas terbatas, dan obat keras atau obat dengan resep dokter.

Selama jam operasional setiap hari, di apotek tersebut terdapat seorang apoteker dan dua tenaga teknis kefarmasian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement