Sabtu 13 Jun 2015 10:39 WIB

Begini Cara Merawat Ban Kendaraan

Rep: c05/ Red: Dwi Murdaningsih
Bridgestone Turanza AR20
Bridgestone Turanza AR20

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), anak perusahaan dari Bridgestone Corporation, produsen ban dan karet no. 1 di dunia kembali melaksanakan kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety) tahunannya dari tanggal 9 hingga 13 Juni 2015 berlokasi di Rest Area KM 57 Tol Cikampek, Jawa barat. Penyelenggaraan acara ini telah memasuki tahun ketujuh di Indonesia.

Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida mengatakan acara ini bertujuan untuk  mengedukasi dan mengingatkan pada seluruh pengemudi kendaraan tentang pentingnya merawat ban. Sebab  ban merupakan satu-satunya fitur kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalanan.

Dalam kegiatan Tire Safety ini para ahli ban dari Bridgestone, tutur Shida, akan melakukan pengecekan kondisi seluruh ban setiap pengunjung. Selain itu sekaligus mereka juga menyebarkan informasi penting bagaimana merawat ban untuk optimalisasi performa ban sekaligus demi keselamatan berkendara.

“Juga para pengemudi akan diberitahu cara melakukan pengecekan kembangan ban. Ini agar pengemudi tahu kondisi ban yang sudah aus dan tak layak pakai seperti apa,” ujar dia, Jumat (12/6).

Bridgestone, kata Shida, juga menganjurkan para pengendara roda empat atau lebih untuk memeriksa tekanan angin/udara pada ban sekurang-kurangnya sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Acuan besarnya tekanan angin yakni berpatokan pada keterangan di balik pintu mobil atau buku manual.

“Tekanan angin yang tepat juga menjaga ban dari kehausan cepat bahkan kerusakan struktural pada ban. Ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar atau bahkan mengakibatkan kecelakaan,” papar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement