Kentang Panggang Udang, Sajian Sehat Buka Puasa

Red: Indira Rezkisari

 Kamis 11 Jun 2015 12:51 WIB

Hindari menggoreng, terapkan teknik masak panggang atau bakar saat menyajikan hidangan berbuka puasa. Seperti kentang panggang yang bisa diberi tambahan saus udang dan jamur. Foto: livestrong Hindari menggoreng, terapkan teknik masak panggang atau bakar saat menyajikan hidangan berbuka puasa. Seperti kentang panggang yang bisa diberi tambahan saus udang dan jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, Risoles, pastel, hingga bakwan goreng baru segelintir makanan yang menjadi idola saat berbuka puasa. Ya betul, makanan yang digoreng memang nikmat apalagi untuk menghilangkan lapar setelah seharian tidak makan dan minum.

Tapi, makanan yang digoreng biasanya tinggi kalori dan lemak. Menjadikan makanan ini pemicu naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Untuk berbuka puasa, sebisa mungkin Anda disarankan menghindari makanan yang digoreng. Dan, menggantinya dengan makanan yang dibakar atau dipanggang.

Untuk berbuka puasa mungkin Anda bisa menyajikan makanan berbahan kentang dan udang ini. Kentang yang dipanggang membuatnya lebih rendah kalori dan lemak.

Dikutip dari laman Nestle Family, resep kentang panggang dengan udang ini cukup mudah. Pertama, bungkus kentang dengan kertas aluminium dan panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dalam suhu 220 derajat celcius. Panggang selam 45 menit atau hingga matang.

Sementara itu panaskan minyak di wajan. Tumis bawang bombay selama tiga menit, masukkan jamur potong dan masak selama tiga menit. Setelah itu tambahkan udang, penyedap rasa atau garam, rajangan daun dill, dan lada. Masak selama tiga menit.

Kemudian masukkan tepung maizena yang disudah dilarutkan ke air dan diaduk. Tumis lagi selama dua menit atau hingga sausnya mengental. Matikan api.

Buka bungkusan kentang, dan potongan silang di atas kentang. Tuang saus udang ke atas kentang dan sajikan sebagai hidangan berbuka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X