Rabu 10 Jun 2015 08:36 WIB
SEA Games 2015

Atletik Jadi Harapan Indonesia untuk Tambah Emas

Agus Prayogo
Foto: Republika/Edwin
Agus Prayogo

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Cabang olahraga atletik menjadi harapan Indonesia untuk menambah perolehan medali emas SEA Games 2015 di Singapura, Rabu (10/6). Setelah peluang dari beberapa cabang lain untuk meraih prestasi tertinggi cukup berat.

Berdasarkan jadwal yang ada, pada hari kelima pelaksanaan SEA Games 2015 setelah pembukaan, ada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari jumlah tersebut cabang atletik akan memperebutkan 12 emas, renang enam emas, senam lima emas dan tinju 11 emas.

Untuk atletik, harapan emas Indonesia berasal dari nomor 200 meter putra. Ada dua atlet yang diharapkan mampu memberikan yang terbaik yaitu Fadlin dan Sapwaturrahman. Untuk putri pada nomor yang sama ada Lusiana Satriani dan Tri Utami.

Selain itu ada Maria Londa yang akan turun dalam nomor lompat jauh. Peraih emas Asian Games 2014 itu diharapkan mampu memberikan yang terbaik pada kejuaraan dua tahunan ini. Begitu juga dengan Agus Prayogo yang akan turun dalam nomor 10 ribu meter.

"Persaingannya memang ketat, tapi saya akan tetap berusaha memberikan yang terbaik. Kemungkinan saya akan menggunakan strategi yang sama dengan terus di depan sejak awal," kata Agus Prayogo.

Pada nomor ini, pelari andalan Indonesia akan kembali bertemu dengan atlet asal Vietnam, Nguyen Van Lai yang sebelumnya memaksa Agus hanya menyumbangkan medali perak pada kontingen Indonesia alam nomor 5.000 meter.

Pencak Silat juga menjadi harapan Indonesia mengumpulkan medali emas. Nomor tunggal putra serta ganda putri dan putra akan dipertandingkan. Sebagai pemilik cabang olahraga beladiri ini, diharapkan atlet yang diturunkan mampu memberikan yang terbaik.

Cabang olahraga pencak Silat pada SEA Games 2015 mendapatkan beban dari Satlak Prima untuk merebut minimal empat medali emas. Peluang tersebut memang terbuka. Hanya, atlet yang turun diharapkan waspada dengan calon lawan yang banyak dipoles pelatih asal Indonesia.

Biliar, boling dan renang juga kembali dipertandingkan. Hingga saat ini atlet yang diturunkan belum mampu menyumbangkan emas. Yang paling tertekan saat ini ialah  renang. Dari lima target yang dicanangkan yaitu lima emas hingga saat ini belum satupun emas didapat.

Hingga saat ini, Indonesia masih tertahan di posisi lima dalam perolehan medali dengan 17 emas. Kondisi ini berbanding terbaik dengan tuan rumah Singapura yang terus perkasa di puncak dengan pencapaian 52 emas 44 perak dan 54 perunggu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement