Selasa 09 Jun 2015 11:00 WIB

Kapan Saat yang Tepat Konsumsi Buah?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak makan buah
Foto: AP
Anak makan buah

REPUBLIKA.CO.ID, Mengonsumsi buah sangat dianjurkan oleh para ahli gizi. Selain sehat buah juga bisa memberikan efek kenyang. Tapi kapan sih waktu yang tepat mengonsumsi buah, apakah sebelum makan atau sesudah makan?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari FKUI, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc MS SpGK menjelaskan saat yang tepat konsumsi buah. Katanya, tergantung dari kebutuhan. Untuk yang sedang diet atau melakukan perbaikan pola makan, maka sebaiknya konsumsi buah terlebih dahulu. Setelah itu barulah konsumsi makanan padat seperti nasi dan lauk pauk.

"Ini fungsinya agar makan buahnya lebih banyak. Dan makan nasinya lebih sedikit. Sehingga konsumsi buahnya akan lebih banyak dibanding makanan padat," ujarnya dalam acara Media Talkshow Zespri “Awali dengan Kiwi”, Start Your Day with Zespri Kiwifruit di Jakarta, pekan lalu.

Sementara untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sebaiknya konsumsi makanan padat terlebih dahulu. Setelah itu barulah makan buah. Atau bisa diberikan buahnya saat di tengah-tengah.

Apakah perut yang kosong akan menyerap buah lebih baik dibanding perut yang sudah penuh? Menurut Fiastuti hal ini tidak benar. Tubuh bisa menyerap berbagai makanan. Tubuh memiliki kemampuan menyerap bersamaan, baik itu lemak, karbohidrat, mineral dan lainnya. "Saluran cerna bisa menyerap semua sekaligus," ungkapnya.

Jadi, manakah pilihan Anda, apakah mengonsumsi buah dahulu baru makanan padat atau sebaliknya? Itu semua tergantung kebutuhan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement