Senin 08 Jun 2015 16:00 WIB

Zat-Zat Baik Ini Terkandung dalam Air Putih

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Segelas air putih
Foto: flickr
Segelas air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Orang dewasa membutuhkan delapan gelas air per hari. Karena kebutuhan air orang dewasa akan air adalah sekitar dua liter atau delapan gelas per hari. Air bermanfaat untuk metabolisme tubuh Anda.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Sri Sukmaniah MSc, SpGK menjelaskan dalam air putih atau dikenal dengan air mineral, ada banyak zat baik yang terkandung di dalamnya.

Pertama ada fluorida, yaitu zat yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Menghindarkan gigi dari karies atau lubang gigi. Selain itu, juga ada natrium, ini merupakan zat yang bermanfaat untuk keseimbangan cairan tubuh.

Dalam air juga terkandung kalsium dan meganesium yang bagus untuk kesehatan jantung. Berguna mendukung proses transmisi syaraf dan kontraksi otot.

“Bukan hanya itu, dalam air mineral juga terdapat silika, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah dan integritas tulang,” ujarnya dalam diskusi media Hidrasi dan Nutrisi Sehat saat Berpuasa yang diselenggarakan AQUA beberapa waktu lalu.

Zat lain yang tak kalah pentingnya adalah zinc yang merupakan koaktivator lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh, penting bagi pertumbuhan dan imunitas juga untuk fungsi otak.

Wah, ternyata banyak juga ya zat-zat baik yang terkandung dalam air mineral. Tidak heran deh mengapa para ahli kesehatan gizi atau pangan menyarankan Anda mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, apalagi saat berpuasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement