Rabu 03 Jun 2015 09:39 WIB

6 Alasan Mengapa Anda Harus Merapikan Tempat Tidur

Rep: MGROL 40/ Red: Hazliansyah
Tempat tidur nyaman
Foto: tripadvisor.com.au
Tempat tidur nyaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua Anda pasti pernah meminta untuk segera merapikan tempat tidur setelah bangun. Tidak hanya membuat tempat tidur jadi rapih, kegiatan itu juga memiliki banyak manfaat lain.

Para ahli menyatakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas.

Dilansir dari Huffington Post, Rabu (3/6), berikut ini enam alasan mengapa anda harus semangat membereskan tempat tidur:

1. Anda bisa tidur malam dengan nyenyak

Berdasarkan sebuah survei tahun 2010 dari National Sleep Foundation, mereka yang merapikan tempat tidur setiap hari atau hampir setiap hari, tidur lebih nyenyak kala malam hari, dibandingkan mereka yang tidak. 

Perbandingannya adalah 44% untuk mereka yang nyenyak tidur karena merapikan tempat tidur dan 37% untuk mereka yang tidak tidur nyenyak karena tidak membereskan tempat tidur.

2. Membuat anda lebih bahagia

Gretchen Rubin, penulis buku laris The Happiness Project,mengatakan

bahwa kontribusi merapikan tempat tidur adalah untuk ketenangan batin,walaupun dirasa sebagai kegiatan sederhana dan mudah.

3. Seakan membuat sebuah 'kemenangan'

Saat anda berhasil menata tempat tidur dengan rapi, anda akan merasa senang karena selesai menuntaskan pekerjaan. Inilah yang disebut 'kemenangan', walaupun dalam skala kecil. 

Sebab, dari hal-hal kecil yang dilakukan secara teraturlah, kita menjadi terbiasa menghadapi tugas yang lebih besar.

4. Membuat anda dapat mengatur dan mematuhi anggaran atau jadwal olahraga

Percaya atau tidak, kebiasaan baik tertentu akan membuka jalan bagi kebiasaan baik lainnya? Inilah yang dinyatakan Charles Duhigg dalam bukunya yang berjudul The Power of Habit. 

Kaitannya, jika anda terbiasa merapikan tempat tidur, bisa membuat tidur anda menjadi nyenyak, selanjutnya anda dapat bangun lebih awal untuk olahraga. 

Dari kebiasaan olahraga teratur inilah yang membuat anda tidak perlu membuang uang untuk berobat karena sakit akibat jarang berolahraga.

5. Anda menjadi inspirasi bagi orang lain

Siapa yang tidak kagum dengan orang yang rajin? Begitu pula pandangan orang lain terhadap anda yang rajin merapikan tempat tidur sehingga area istirahat menjadi lebih nyaman dan 'mengundang' rasa kantuk.

Kebiasaan baik anda ini akan menular pada orang lain, setidaknya bisa jadi contoh yang bagus buat adik atau keponakan anda.

6. Membuat anda istirahat total

Maksudnya adalah saat anda merapikan tempat tidur dan tak lupa menjauhkan semua 'pengganggu' seperti televisi, laptop, dan ponsel, maka anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Hal ini sangat bermanfaat, terutama untuk anda yang memiliki insomnia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement