Sabtu 30 May 2015 08:00 WIB

Nutrisi Ini Wajib Masuk Tubuh Setiap Hari

Rep: C26/ Red: Ani Nursalikah
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: paulahealthyliving.com
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh memerlukan nutrisi yang didapat dari asupan makan setiap hari. Mengapa nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kita? Kekurangan gizi dapat menyebabkan sejumlah  penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan? Dilansir dari laman Womanitely, Sabtu (30/5), berikut jenis nutrisi penting yang harus masuk ke dalam tubuh secara teratur.

1. Vitamin

Kita semua tahu vitamin penting untuk kesehatan kita. Setiap kekurangan vitamin dapat merusak kesehatan. Pastikan anda mengonsumsi buah dan sayuran minimal sekali sehari. Kekurangan vitamin B12, misalnya, dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen atau kerusakan otak. Kekurangan vitamin A bisa merusak kesehatan mata anda, sementara kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah dan kerusakan pada gusi.

2. Karbohidrat

Jika anda pelaku diet yang mencoba menghindari karbohidrat, itu tidak sepenuhnya benar. Banyak pelaku diet menghadapi sejumlah masalah kesehatan karena kekurangan karbohidrat karena anggapan tersebut itu. Sukrosa, fruktosa, glukosa, biji-bijian adalah sumber besar dari karbohidrat.

3. Mineral

Fosfor, kalium, zat besi, kalsium, yodium, fluorin, magnesium dan natrium adalah salah satu mineral yang paling penting. Mineral ini harus dikonsumsi lebih banyak untuk tetap sehat.

4. Lemak

Menghindari lemak adalah kesalahan yang banyak dilakukan juga oleh pelaku diet. Lemak sehat, seperti seperti lemak omega3 justru sangat penting dikonsumsi. Tubuh Anda membutuhkan lemak sehat untuk mengangkut, menyimpan dan menyerap vitamin A, E, D, dan K. Saat memasak pastikan Anda menggunakan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, minyak jagung atau minyak rami.

5. Protein

Telur, daging, keju, ikan, tahu, kacang, kacang-kacangan, yoghurt, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. Protein dapat membantu memperbaiki sel-sel saraf anda. Selain itu nutrisi ini  berperan penting dalam proses penyembuhan, membantu dalam penurunan berat badan, dan membuat kuku dan rambut kuat dan sehat.

6. Serat

Serat membantu mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, sembelit, dan meningkatkan gerakan usus. Wanita harus mengkonsumsi 25 gram serat sehari, sedangkan pria harus mencakup setidaknya 38 gram serat. Beberapa yang terbaik serat makanan yang kaya serat adalah beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, berondong jagung, buah, oatmeal, sayuran dan buah-buahan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement