Jumat 29 May 2015 12:34 WIB

10 Menit Berharga untuk Membiasakan Membaca

Rep: c 13/ Red: Indah Wulandari
Membaca merupakan aktivitas yang mampu tingkatkan kemampuan berpikir anak
Foto: Telegraph
Membaca merupakan aktivitas yang mampu tingkatkan kemampuan berpikir anak

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- ‘Gerakan 10 Menit Membacakan Buku untuk Anak’ bisa kebiasaan anak untuk membaca.

“Gerakan ini bisa mendorong anak-anak kita untuk selalu mau, bisa, dan gemar membaca,” ujar Dirjen Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Hamid Muhammad, Jumat (29/5) di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta.

Hamid menerangkan, gerakan membaca ini memang perlu untuk dilakukan. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan keadaan minat baca di Indonesia. Dia menegaskan, minat membaca masyarakat Indonesia memang masih rendah.

Dirjen Dikdas ini memaparkan ihwal hasil studi minat membaca masyarakat Indonesia. Dia mengungkapkan,  hasil studi  UNESCO 2013 menyebutkan minat membaca di Indonesia itu berkisar 1: 1.000.

“Hasil berbeda sekali dengan minat lainnya,” tegasnya.

Hamid membandingkan hasil survei masyarakat Indonesia yang diperoleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013 tentang kegiatan lain. Menurutnya, sekitar 91,68 persen masyarakat Indonesia sangat gemar menonton televisi. Sedangkan, lanjut dia, membaca surat kabar hanya berkisar 17.6 persen.

Menurut Hamid, berdasarkan data yang diperoleh data bank dunia, minat membaca Indonesia juga berada di posisi terendah di Asia Tenggara. Untuk itu, dia menyatakan keinginannya untuk mendorong minat membaca di Indonesia. Dalam hal ini, tambah dia, diawali dengan gerakan yang targetnya anak-anak ini.

Gerakan ini merupakan raangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Buku Sedunia (World Book Day) pada 25 April 2015 dan Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2015. Acara ini sendiri dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, orangtua/wali, dan komunitas-komunitas gerakan membaca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement