Senin 25 May 2015 16:30 WIB

Tingkatkan Prestasi Madrasah di OSN, Kemenag Adakan Pelatnas

Rep: c83/ Red: Damanhuri Zuhri
Siswa madrasah saat melakukan proses pembelajaran di luar sekolah. Madrasah merupakan satu sistem pendidikan Islam.
Foto: Republika/Yasin Habibi/c
Siswa madrasah saat melakukan proses pembelajaran di luar sekolah. Madrasah merupakan satu sistem pendidikan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan prestasi madrasah di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun depan, Kementerian Agama akan mengadakan pelatihan nasional.

Direktur Madrasah Kementerian Agama, Nur Kholis Setiawan mengatakan pelatnas bertujuan untuk membekali siswa madrasah dalam mengikuti OSN.

Dengan kegiatan tersebut, jelas Nur Kholis, para siswa madrasah akan memiliki semangat untuk berpestasi. Maka jumlah medali yang akan diperoleh madarasah tahun depan akan mengalami peningkatan.

"Sekarang sudah ada pembicaraan resmi dengan kemendikbud, madarsah bisa ikut OSN. Sehingga kita harus lebih siap. Untuk itu, kita akan adakan pelatnas," ungkap Nur Kholis saat ditemui di kantor kementerian agama Jakarta, Senin (25/5).

Ia menjelaskan, pelatnas ini rencananya akan diadakan November mendatang setelah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diadakan. Setelah KSM diadakan, maka madrasah sudah memiliki calon terbaiknya yang akan di ikutsertakan dalam OSN 2016.

Nantinya, sambung Nur Kholis, para siswa akan didampingi juara OSN yang telah memperoleh medali. Sehingga mereka dapat menjelaskan tentang tingkat kesulitan soal hingga persaingan dalam kompetisi.

Ia melanjutkan, selain mengadakan pelatnas, Kemenag akan terus mengadakan kegiatan kesiswaan yang bersifat nasional  untuk menumbuhkan semangat berprestasi bagi siswa madrasah. Seperti KSM, pramuka nasional untuk siswa Madrash Aliyah dan beberapa kegiatam nasional lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement