Rabu 20 May 2015 02:24 WIB

Konsumsi Suplemen Ada Syaratnya Lho..

Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).
Foto: Republika/Prayogi
Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian masyarakat kita percaya konsumsi suplemen menjaga kesehatan tubuh. Benarkan demikian?

"Suplemen hanya untuk mereka yang tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi sesuai balance diet dan bila kebutuhan tubuh meningkat," ujar spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Ciptomangkusumo, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, di Jakarta, Selasa Malam.

Inge menganjurkan kita memilih suplemen yang alami, misalnya madu, jahe dan bawang putih. "Ada suplemen alamiah seperti jahe, madu dan bawang putih. Sementara dari bahan makanan misalnya bahan makanan sumber protein, asam amino, lemak, karbohidrat, dan lainnya," kata dia.

Suplemen merupakan zat gizi yang biasa ditambahkan untuk meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh dan konsentrasi. Menurut Inge, gaya hidup terutama di kota besar yang menuntut semuanya serba terburu-buru dan instan telah mengurangi komitmen kita dalam mengonsumsi makanan sehat.

"Namun, apabila kita menyayangi diri kita, adalah sangat baik apabila kita memperhatikan dan menerapkan pola makan sehat dan seimbang, mulai hari ini juga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement