Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Vonis Mati Mursi

Turki: Mursi Dihukum Mati, Timteng Bakal Kacau

Selasa 19 May 2015 10:54 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah

Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi divonis hukuman mati

Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi divonis hukuman mati

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki memperingatkan gejolak Timur Tengah jika hukuman mati terhadap mantan Presiden Muhamad Mursi dilakukan.

Di Ankara, juru bicara Kepresidenan Turki Ibrahim Kalin memperingatkan Timur Tengah akan berada dalam kekacauan jika Mesir melakukan hukuman mati tersebut. Ia menyebut hukuman tersebut sebagai pelanggaran keadilan dan menyerukan masyarakat internasional untuk berbicara lebih lantang terhadap Mesir.

"Persoalan ini menjadi perhatian  di seluruh dunia. Perintah eksekusi dan membebaskan mereka akan mendorong Timur Tengah ke dalam kekacauan," katanya, Ahad (17/5).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merupakan pendukung Mursi yang terpilih secara demokratis di Mesir. Namun, hubungan Turki dan Mesir memburuk sejak militer menggulingkan kekuasaan Mursi pada 2013. Hubungan diplomatik kedua negara rusak setelah Erdogan berulang kali menuduh pemerintah Mesir baru melakukan kudeta.

Menanggapi penolakan Turki, seorang pejabat Mesir mengatakan Mesir tidak terkejut oleh komentar Turki. "Rezim di Turki saat ini adalah refleksi dari ide-ide teroris Ikhwanul Muslimin," kata pejabat yang tak disebutkan namanya itu.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA