Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Tiga Tips Mengemil Cerdas

Selasa 19 May 2015 07:33 WIB

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari

Berhenti menyimpan stok kudapan dalam jumlah banyak di rumah, jika ingin menghentikan kebiasaan mengemil.

Berhenti menyimpan stok kudapan dalam jumlah banyak di rumah, jika ingin menghentikan kebiasaan mengemil.

Foto: warwickwoods

REPUBLIKA.CO.ID, Kebiasaan ngemil berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan dari waktu ke waktu. Bagi sebagian dari kita, mengemil sudah menjadi candu. Akiabtnya makan jadi berlebihan, terutama ketika sedang tidak lapar dan hanya ingin mengunyah saja. Rasa sesal pun muncul.

Jika Anda masih kesulitan untuk berhenti mengemil, coba terapkan tips mengemil yang cerdas ini.
 
Minum air putih terlebih dahulu
Sering kali, kita bingung kapan  haus dan kapan lapar.  Dikutip dari laman Care2, Selasa (19/5), cobalah minum segelas besar air putih dan menunggu beberapa menit sebelum ngemil. Ini bisa menghemat banyak kelebihan kalori dalam jangka panjang .

Berhenti membeli banyak stok cemilan
Tidak masalah jika membeli dua oreo, keripik tortila, stoples mentega almond organik, atau sesuatu di antaranya. Jika stok tersebut disimpan di rumah, Anda akan makan mereka terus-terusan. Jadi, berhenti memborong banyak cemilan. Ini menempatkan kemauan Anda (lapar mata) menjadi prioritas utama, dan membuat lebih sulit untuk memilih makanan yang sehat. Kebiasaan ini membuat anda rakus dan selalu ingin makan.

Mengalihkan perhatian ngidam Anda
Seringkali Anda memanjakan diri sendiri, terlalu sering dapat berarti Anda makan pada tingkat emosional. Jika Anda menemukan diri Anda makan di luar dari rasa emosional seperti kemarahan, kesedihan, kebahagiaan, kebosanan, depresi, atau untuk hiburan. Anda mungkin perlu untuk mengalihkan perhatian untuk mencegah makan yang berlebihan.

Coba minum teh herbal, joging, atau menyikat gigi untuk mengalihkan perhatian Anda dari pikiran obsesif makanan. Dan ingat, buatlah pikiran tentang makanan akan tetap berada di sana ketika Anda merasakan lapar dan makanan tidak akan ke mana-mana,  jadi cobalah untuk bersabar dan produktif sementara itu.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA