Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Sakit atau Cuma Lelah? Kenali Perbedaannya

Senin 18 May 2015 09:01 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Hindari minuman yang terlalu manis karena akan memberikan energi jangka pendek, yang diikuti dengan penurunan energi secara berlebihan.

Hindari minuman yang terlalu manis karena akan memberikan energi jangka pendek, yang diikuti dengan penurunan energi secara berlebihan.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda lelah karena belum cukup istirahat, atau memang Anda sedang menderita penyakit serius dan harus ke dokter? Kita tahu bahwa energi tanpa batas itu hanya ada di masa kanak-kanak dan tinggal kenangan. Ketika dewasa, menjaga tingkat energi adalah  keharusan sebab jam kerja yang panjang, pola makan buruk, kurang olah raga bisa mendorong kondisi medis berbahaya.

Bagaimana membedakan antara kelelahan dan sakit? Naturopath Mark Shoring dari Endeavour College of Natural Health memaparkan beberapa gejala dari kelelahan, yaitu mengantuk, kepala dan otot nyeri, refleks lambat, konsentrasi buruk, lekas marah, dan kekurangan motivasi.

"Kelelahan bisa disebabkan gaya hidup tak sehat, hubungan pribadi bermasalah, keuangan kritis, atau tekanan kerja," ujar Shoring, dilansir dari Body and Soul, Senin (18/5).

Ilmuwan senior di Australian Institute of Sport, Jeremy Sheppard memberikan 10 tips untuk meningkatkan energi Anda supaya terhindar dari kelelahan kronis. Pertama, mulai hari dengan sarapan bergizi. Kedua, makan secara teratur sepanjang hari. Ketiga, kurangi minum kopi dan teh manis berlebihan, terutama waktu makan, sebab itu menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Keempat, hindari makanan tinggi gula, seperti permen, sebab hanya memberikan energi jangka pendek, yang kemudian diikuti penurunan energi secara drastis. Kelima, kurangi roti putih dan beralih ke roti gandum. Keenam, minum segelas susu sebelum tidur, sebab susu mengandung tryptophan yang membuat tidur lebih nyenyak.

Ketujuh, hindari tidur dengan kondisi perut terlalu penuh. Kedelapan, minum setidaknya dua liter air sehari. Kesembilan, hindari diet yang terlalu banyak mengurangi porsi makanan normal Anda sebab itu hanya akan membuat Anda cepat lelah. Terakhir, jangan minum alkohol sebab alkohol adalah depresan yang menurunkan kadar energi.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA