Ahad 17 May 2015 16:50 WIB

Cina Pastikan Gelar Juara Piala Sudirman Kesepuluh

Rep: Risa Herdahita Putri/ Red: Israr Itah
Pebulu tangkis Lin Dan.
Foto: AP
Pebulu tangkis Lin Dan.

REPUBLIKA.CO.ID, DONGGUAN--Cina berhasil meraih gelar juara Piala Sudirman kesepuluh mereka, di Dongfeng Nissan Sports, Dongguan, Ahad (17/5) sore WIB. Mereka mencetak sejarah setelah menaklukkan Jepang yang untuk pertama kalinya bisa menginjakkan kaki di babak final dengan skor 3-0. 

Tim Tirai Bambu membuka keunggulan lebih dulu lewat permainan ganda putra mereka. Pasangan Fu Haifeng/Zhang Nan harus melewati permainan yang sengit ketika akhirnya berhasil mengatasi ganda Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa 21-17, 20-22, dan 21-17.

Pada pertandingan kedua, Cina kembali menambah poin keunggulan. Pemain tunggal putri mereka, Li Xuerui menang straight game dari Akane Yamaguci dengan skor akhir 23-21, 21-14.

Gelar juara Piala Sudirman 2015 kali ini pun langsung dipastikan dengan kemenangan di gim ketiga oleh Lin Dan pada nomor tunggal putra.  Melawan Takuma Ueda, Lin Dan menang mudah 21-15, 21-13. 

Dengan ini, Cina mencatatkan rekor menjadi juara secara beruntun sejak Piala Sudirman 1995. Di sisi lain, meski kalah Jepang pun telah mencetak rekor negaranya dengan pertama kali mencapai final Piala Sudirman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement