Ahad 17 May 2015 14:40 WIB

10 Ribu Siswa SD di Yogya Siap Ikut UN

Rep: Yulianingsih / Red: Hazliansyah
Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di sekolah MTSN 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/5).  (Republika/Tahta Aidilla)
Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di sekolah MTSN 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/5). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sedikitnya 10 ribu siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Yogyakarta akan mengikuti Ujian Nasional atau Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), Senin (17/5). UN tingkat SD ini akan digelar hingga 20 Mei 2015 mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana, mengatakan, ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam UN SD kali ini, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

"Distribusi soal sudah dilakukan Ahad ini ke sekolah-sekolah dan dari Dinas Pendidikan Provinsi sudah Jumat lalu," ujarnya, Ahad (17/5).

Menurutnya hasil UN ini akan dijadikan patokan atau dasar seleksi ke jenjang SMP. Soal UN SD sendiri kata dia, terdiri atas lima paket soal sehingga setiap siswa akan menerima paket soal berbeda. 

"Dengan sistem ini kecurangan pengerjaan sooal bisa diminimalisir," katanya.

Menurutnya soal UN SD menggunakan soal tertulis dan bukan berbasis komputer seperti di SMA. Namun kata dia, lembar jaawaban tetap menggunakan lembar jawab komputer.

Meski dijadikan dasar untuk seleksi masuk ke SMP, namun hasil UN SD bukan menjadi penentu kelulusan siswa. Kelulusan siswa kata dia, tetap diserahkan ke sekolah berdasarkan penilaian guru di sekolah. 

"Hasil UN bukan satu-satunya penentu hanya dijadikan salah satu pertimbangan," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement