Jumat 08 May 2015 20:11 WIB

Pelita Jaya Tantang Satria Muda Britama di Grand Final NBL

NBL Indonesia
Foto: NBL Indonesia
NBL Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pelita Jaya Energi Mega Persada akhirnya merebut satu tiket sisa ke grand final IndiHome NBL Indonesia musim 2014/2015. Ini setelah anak-anak asuh Antonius Ferry Rinaldo berhasil mengatasi perlawanan CLS Knights 81-70 pada semifinal di Hal Basket Senayan, Jumat (8/5).

Pada partai puncak yang akan berlangsung Ahad (10/5) di tempat yang sama, Pelita Jaya akan berhadapan dengan Satria Muda Britama yang sehari sebelumnya sudah memastikan lolos ke final.

Start awal gemilang menjadi salah satu kunci keberhasilan Pelita Jaya. Kelly Purwato dkk langsung melejit 10-3 pada lima menit awal dan menutup kuarter pertama 26-11.

Keadaan makin memburuk bagi CLS pada kuarter kedua. Tak seperti sehari sebelumnya ketika mengalahkan Pelita Jaya, alur bola tim asal Surabaya ini tak mengalir lancar. Para pemain Pelita Jaya pun terlihat dengan mudah menutup arah operan CLS.

Sebaliknya, CLS terpecah konsentrasinya antara menjaga area di bawah ring dengan menutup para shooter Pelita Jaya yang tengah bagus akurasinya. Alhasil, kondisi ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh center Pelita Jaya Adhi Pratama yang mengemas 12 angka di kuarter kedua. Pelita Jaya pun menutup halftime dengan keunggulan skor 46-27.

Memasuki kuarter ketiga, CLS yang memainkan defense full court press berhasil mengecilkan defisit menjadi 14 angka saja setelah mencetak lima angka berurutan. Pelatih Pelita Jaya Antonius Ferry Rinaldo meminta time out, dan timnya segera keluar dari tekanan untuk kemudian menutup kuarter ketiga 58-43.

Tertinggal cukup jauh tak membuat CLS kendur. Tim asuhan Kim Dong-won terus mengejar. Namun berkali-kali momentum untuk menipiskan selisih poin hilang. Entah karena kesalahan sendiri, ataupun kecerdikan para pemain Pelita Jaya melihat celah untuk menambah poin. Upaya CLS hingga detik-detik akhir masih belum mampu membalikkan keadaan dan terpaksa mengakui keunggulan Pelita Jaya.

Empat pemain pelita Jaya menembus double digit di laga ini yakni Amin Prihantono (14 poin), Ary Chandra (13), Adhi Pratama (12), dan Andy Batam (10). Sementara dari CLS Herman menyumbang 21 angka disusul Rachmad Febri Utomo dengan 18 poin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement