Jumat 08 May 2015 16:16 WIB

Zat Gizi yang Baik untuk Janin

Ikan penghasil omega-3 yang baik untuk janin
Foto: Google
Ikan penghasil omega-3 yang baik untuk janin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memerhatikan nutrisi untuk kecerdasan anak harus dipersiapkan sejak masih di dalam kandungan. Menurut Dr. Budi Purnomo, SpA (K) dari RSAB Harapan Kita salah satu nutrisi penting saat hamil adalah folat.

Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko bayi terlahir cacat, selain itu vitamin dan mineral juga diperlukan bagi perkembangan fungsi otak janin. Berdasarkan Riskedas (Riset Kesehatan Dasar) 2007, sebesar 11.3 persen wanita dewasa mengalami anemia karena kekurangan zat besi.

Di minggu ketujuh kehamilan, pembentukan tulang janin berlangsung pesat, maka dukung proses ini dengan mengonsumsi kalsium susu, mentega, yogurt, keju sebanyak 1.000 mg per hari. Memasuki minggu pertama di trimester kedua, Anda membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Jangan lupa untuk meningkatkan konsumsi makanan dengan kandungan zat besi dan kalsium untuk mencegah terhambatnya perkembangan gigi dan tulang janin.

Nutrisi yang dibutuhkan janin dikutip dari www.parentsindonesia.com, Omega-3, DHA, folat, karbohidrat, protein, kolin, kalsium, vitamin C, dan vitamin B6. Susu, keju, kacang-kacangan, telur, kentang, daging merah, salmon, jeruk, brokoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement