Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Konsistensi di Olahraga dan Pendidikan

Kamis 26 Feb 2009 19:55 WIB

Red:

Konsistensi atas sebuah perjuangan. Itulah pesan yang ingin disampaikan sekaligus diperjuangkan Noviantika Nasution. Calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 5 ini menegaskan komitmennya terhadap dunia olahraga dan pendidikan.

Komitmen Noviantika dalam memajukan dunia olahraga memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, dengan jabatannya sebagai ketua umum PB Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia), bisa dikatakan Noviantika menjadi salah satu elemen kunci bagi maju atau mundurnya dunia basket Indonesia.

Dengan langkah pencalegan dirinya di Pemilu 2009, apakah berarti Noviantika akan meninggalkan dunia olahraga? Dengan tegas, Noviantika mengatakan, ''Tidak.''

Kalaupun ia berhasil lolos ke kursi DPR, Noviantika tidak akan meninggalkan dunia olahraga. Ia ingin duduk di salah satu Komisi DPR yang akan membidangi olahraga dan pendidikan.

''Saya percaya, apa pun yang dilakukan terhadap negara harus lewat keputusan politik. Termasuk, bagaimana menjadikan negara ini maju di bidang olahraga,'' kata Noviantika. Keberhasilan Cina dalam menyelenggarakan olimpiade yang serba megah, menurut dia, tidak lepas dari dukungan negaranya.

Mulai dari seluruh infrastruktur hingga kebijakan, bisa diarahkan untuk mendorong olahraga agar dapat berkembang dengan cepat. Tanpa itu, olahraga tidak akan menjadi perhatian dan tidak akan berkembang apa-apa.

Menjadi anggota DPR akan bisa membuatnya berperan dalam memajukan dunia olahraga. Bahkan, putri politikus Yahya Nasution ini rela keluar dari perusahaan yang telah digelutinya selama 13 tahun, yaitu Shall Company.

Sebenarnya, Noviantika sudah merasakan duduk di kursi Senayan karena ia adalah anggota DPR periode 2004-2009. Namun, karena konflik dengan parpolnya, Noviantika memutuskan mundur dari DPR. Ia keluar dari parpolnya dan bersama teman-temannya mendirikan PDP pada 2005.

''Ketika jadi anggota DPR pertama, kita belum bisa berbuat apa-apa. Di era reformasi inilah, saatnya mulai aksi,'' tambahnya.

Seperti pemilu sebelumnya, pada Pemilu 2009 ini, PDP menjagokannya di Dapil Jawa Barat 5. Dapil ini berpenduduk sekitar 4,5 juta. Dari jumlah ini, yang memiliki hak menggunakan hak pilih sebanyak 2,8 juta.

Apa yang akan diperbuat di Jawa Barat 5 kalau terpilih? Noviantika ingin memajukan olahraga. Salah satu yang diinginkannya adalah mendirikan stadion baru.

''Masak di kota yang berpenduduk besar bila olahraga harus ke GOR Padjadjaran yang sebenarnya milik Kota Bogor. Kita akan bikin keputusan politik supaya pemda memerhatikan olahraga.''

Disinggung tentang hal yang membuatnya begitu memberi perhatian ke olahraga dan pendidikan, Noviantika mengatakan, kedua bidang ini merupakan bagian penting dari pembangunan bangsa.

Dalam hidup manusia, ada dua aktivitas yang harus seimbang, yaitu olah pikir dan olahraga. Dengan begitu, pembangunan pikir dan raga haruslah seimbang. Kalau sebuah bangsa otaknya saja yang diolah, tidak ada gunanya.

''Dan, pembangunan karakter didapat dari olahraga dan wawasan kebangsaan. Dalam mendidik karakter pada olahraga, menang dan kalah sudah biasa. Kalau sudah terbiasa, mengakui kekalahan dalam demokrasi menjadi tidak apa-apa.'' lhk

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA