Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

MTV Indonesia Awards 2008 Afgan Penyanyi Terbaik

Selasa 23 Sep 2008 22:31 WIB

Red:

Popularitas Afgan sebagai penyanyi pendatang baru semakin memuncak. Penyanyi muda berbakat ini sukses menggondol dua penghargaan sekaligus dalam ajang MTV Indonesia Awards 2008 yang disiarkan langsung Global TV dari Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, pekan lalu.

Afgan meraih penghargaan kategori Most Favourite Male dan Best Artist of The Year (lagu Sadis dari album Confession). Sementara itu, penyanyi cantik Agnes Monica berhasil meraih penghargaan sebagai Most Favourite Female (lagu Matahariku dari album Single).

Grup band d'Masiv yang juga sebagai band pendatang baru meraih penghargaan Most Breakthrought Artist (Di Antara Kalian dari album Perubahan). Sementara Most Favorite Band/Grup/Duo diraih oleh Yovie & Nuno (Dia Milikku dari album The Special One).

Sementara itu, grup band The Changcuters menggondol penghargaan sebagai Best Performance (I Love U Bibeh dari album Mencoba Sukses Kembali) dan Best Cutting Edge Artist diraih Efek Rumah Kaca (Cinta).

Untuk Model Video Klip Terbaik diraih oleh Marsha Timothy dalam video klip Letto yang berjudul, Permintaan Hati, lewat album Don't Make Me Sad. Letto sendiri juga mendapat penghargaan dalam kategori Video of The Year lewat lagu Permintaan Hati.

Menurut panitia MTV Indonesia Awards 2008, penilaian untuk kategori Best dilakukan oleh sembilan juri yang terdiri atas para musisi secara tertutup. Sedangkan untuk kategori Most dipilih oleh wartawan musik dan hiburan, kemudian di-voting lewat SMS oleh 'anak nongkrong' (sebutan bagi pemirsa MTV).

Pada kategori Most Favourite Male, Afgan berhasil menyingkirkan pesaingnya, penyanyi senior, seperti Tompi, Ari Lasso, Once, dan Glenn Fredly. Sedangkan pada kategori Best Artist of The Year, Afgan dinilai memiliki nilai lebih ketimbang Ari Lasso, Gita Gutawa, Agnes Monica, Bunga Citra Lestari, dan Mulan Jameela.

Untuk Most Favorite Female, Agnes Monica meraih kemenangan atas Gita Gutawa, Bunga Citra Lestari, Rossa, dan Mulan Jameela. Sedangkan untuk Most Favourite Breakthrought Artist, d'Masiv menyingkirkan Afgan, RAN, dan Alexa. Untuk kategori Most Favourite Band/Grup/Duo, Yovie & Nuno menang atas grup band Andra & The Backbone, Nidji, The Changcuters, dan RAN.

Afgan yang melejit lewat tembang, Terima Kasih Cinta dan Tanpa Batas Waktu, dalam debut albumnya bertajuk, Confession No.1,  merasa bangga dan bersyukur atas prestasi mendapat dua penghargaan sekaligus dari ajang MTV Indonesia Awards 2008.

''Gue tidak menyangka banget bisa dapat dua penghargaan sekaligus,'' tegas pria bernama lengkap Afgan Syah Reza, solois kelahiran 27 Mei 1989 ini. ''Semua ini gue persembahkan untuk mama dan keluarga serta semua pihak yang mendukung karier gue selama ini.''

Afgan adalah penyanyi solo dengan warna musik yang dipengaruhi pop, soul, R&B, dan jazz. Dalam penggarapan debut albumnya, Confession No.1, banyak melibatkan musisi beken, seperti Fajar LMN, Harry Budiman (produser Tangga), Deddy Dhukun, Dian HP, dan Bebi Romeo sebagai komposer.

Tema Karnaval

Pada ajang pemberian penghargaan MTV Indonesia Awards 2008 yang mengambil tema Karnaval, tampak semarak dengan setting suasana komedi putar, kincir, tong setan, dan badut-badut.

Ajang pemberian penghargaan bagi insan musik di Tanah Air yang dipandu oleh Ronald ini dimeriahkan oleh penyanyi-penyanyi tersohor, seperti  Nidji, Andra & The Backbone, The Changcuters, d'Masiv, Alexa, Maia, Rossa, Tompi, Sherina, Project Pop, dan Ronaldisco.

''MTV Indonesia Awards adalah salah satu bentuk penghargaan kami yang merupakan official broadcaster dari saluran musik internasional ini terhadap karya para musisi Indonesia,'' tutur Cipta Panca Laksana, production manager Global TV. Pihaknya, kata dia, sangat bangga menggelar ajang MTV Indonesia Awards kali ini karena cocok dengan target market Global TV. ruz

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA