Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Apa Sih Penyebab Penyakit yang Mengakibatkan Pepeng Meninggal?

Kamis 07 May 2015 16:38 WIB

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari

 Komedian senior Ferrasta Soebardi alias Pepeng.

Komedian senior Ferrasta Soebardi alias Pepeng.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, Komedian Pepeng meninggal akibat penyakit Multiple Sclerosis (MS). Penyakit yang diakibatkan virus ini tergolong langka dan bersifat menggerogoti pengidapnya.
 
Lebih dari 400.000 orang di Amerika Serikat terkena penyakit MS. Bahkan 1 orang didiagnosa setiap jam mengidap penyakit ini. Penyebab MS masih belum sepenuhnya dipahami. Para peneliti percaya bahwa kombinasi faktor, genetik, dan lingkungan memberikan kontribusi pada pengembangan penyakit ini.

Dikutip dari laman Everyday Health, Kamis (7/5), faktor genetika atau keturunan menjadi penyumbang risiko terbesar seseorang terkena MS. Tanuja Chitnis MD, asisten profesor neurologi dan direktur Mitra Pediatric MS Center di Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa dalam studi kembar identik, sekitar 25 persen orang yang memiliki kembar identik dengan jejak keturunan yang mengidap MS akan lebih mudah terkena penyakit ini.

Faktor lain penyebab MS adalah Epstein-Barr virus ( EBV ). Virus juga merupakan salah satu penyebab penyakit herpes. Namun EBV belum secara meyakinkan diidentifikasi sebagai penyebab MS. Akan tetapi menghindari kontak dengan orang-orang yang sakit dan mencuci tangan Anda sesering mungkin selama musim dingin dan saat flu dapat mengurangi risiko terkena virus ini.

Penyakit ini lebih mudah tersebar pada daerah bagian Amerika Utara, selatan Australia, dan Eropa Utara. Karena semakin jauh Anda tinggal dari khatulistiwa maka semakin besar Anda terkena resiko penyakit ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA