Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Pepeng Berjuang Penuh Semangat Melawan Multiple Sclerosis

Rabu 06 May 2015 19:41 WIB

Rep: C93/ Red: Indira Rezkisari

Pepeng

Pepeng

Foto: Agung Sasongko/ROL

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Komedian Indonesia Ferrasta Soebardi, atau yang lebih dikenal dengan nama Pepeng, dinyatakan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (06/05) sekitar pukul 10.05 WIB di Rumah Sakit Puri Cinere, Jakarta. Pepeng dirawat di rumah sakit setelah mengeluh sesak napas dan sakit dada.

Menurut Adik Ipar Pepeng, Utomo Muhammad Isa, jauh sebelum mengalami sakit jantung, pria asal Sumenep itu telah bertahun-tahun hidup dengan penyakit langka Multiple Sclerosis. "Hanya sekitar 5 sampai 6 orang di dunia yang menderita penyakit tersebut, kata dia saat ditemui di Rumah Duka Komplek Bumi Pusaka, Cinere, Depok.

Multiple sclerosis (MS), lanjut dia adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini juga menyerang selubung pelindung (myelin) yang menutup saraf di otak.

Utomo menambahkan, satu tahun terakhir ini memang kondisi Pepeng setiap minggunya terus menurun. Itu terlihat dari berat badannya yang terus menurun. "Makan aaja susah, setiap makan itu pasti keluar lagi (dimuntahkan)," tambah dia.

Utomo memgungkapkan rasa bangganya karena meski sebagian tubuhnya lumpuh lantaran penyakit langka yang dideritanya, Pepeng masih semangat dalam menjalani hidupnya. "Dia masih mau berkarya seperti shooting, bahkan dia mampu menyelesaikan S2 dan S3-nya,"lanjut dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA