Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Sudan Punya Piramida Mirip dengan Mesir

Selasa 05 May 2015 16:16 WIB

Rep: C24/ Red: Winda Destiana Putri

Piramida Meroe di Sudan

Piramida Meroe di Sudan

Foto: Arabnews

REPUBLIKA.CO.ID, SUDAN -- Piramida bukan hanya menjadi ciri khas dari Mesir, sebuah piramida yang berukuran tidak besar juga terdapat di Negara Sudan. Meskipun ukuranya kecil tapi piramida tersebut mirip dengan yang ada di Mesir.

Menurut laman Arabnews, Selasa (5/5) piramida tersebut ada di Sudan Utara, tepatnya Meroe, sekitar 200 kilometer utara Ibu Kota Sudan, Khartoum. Untuk menuju ke lokasi tersebut cukup menantang, menaiki bukit-bukit curam dan melewati gurun.

Situs Pulau Meroe yang berumur tua, di sekitarnya ada sungai yang sudah kering, konon situs tersebut pernah dijadikan sebagai kediaman utama penguasa kerajaan Kush, yang dikenal sebagai Black Firaun.

Piramida tersebut berukuran, dengan tinggi mulai dari 6 meter (20 kaki) sampai 30 meter (100 kaki), yang dibangun antara 720 dan 300 SM. Pintu masuknya menghadap timur sehingga dapat menyambut matahari terbit.

Tapi sayangnya situs tersebut jarang dikunjungi wisatawan disebabkan pemerintah dengan orang-orang di masa Presiden Omar Al-lama Bashir masih terjadi konflik internal sehingga membatasi akses bantuan asing dan juga menghambat pariwisata di Sudan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA