Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Gelar Seni Pasanggrahan Goa Sunyaragi Sedot Ratusan Pengunjung

Senin 04 May 2015 07:02 WIB

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah

Goa Sunyaragi, Cirebon

Goa Sunyaragi, Cirebon

Foto: disparbudjabar

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gelar Seni Pasanggrahan 2 di Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) mendapat sambutan yang antusias dari ratusan warga. Mereka berduyun-duyun menyaksikan acara yang menampilkan berbagai kesenian khas Cirebon itu.

Wakil Direktur 1 Badan Pengelola TAGS, Muhammad Akbar, menyebutkan, jumlah pengunjung yang datang ke TAGS pada Ahad (3/5) sejak pagi hingga sore hari mencapai 800 orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan acara serupa yang digelar pada bulan sebelumnya.

''Selain warga, adapula tokoh pemerintahan, seniman, budayawan dan lainnya yang hadir,'' ujar Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, kesenian yang ditampilkan berupa tari topeng kelana, sintren, ronggeng bugis, dan tayuban. Adapula paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu khas Cirebonan.

fnMw8rlitF0

Akbar menambahkan, melihat tingginya antusiasme warga, pihaknya kemungkinan akan menambah jadwal pagelaran dari sebulan sekali menjadi dua kali. Selain itu, kesenian yang ditampilkan pun akan berganti-ganti.

''Supaya masyarakat mengetahui bahwa Cirebon kaya akan seni dan budaya,'' tegas Akbar.

Akbar menyatakan, acara itu digelar sebagai upaya untuk melestarikan kesenian dan budaya Cirebon. Dengan demikian, kesenian dan budaya yang mengandung kearifan lokal tersebut bisa terus terjaga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA