Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Ternyata, Penduduk Vietnam Malu untuk Tersenyum

Kamis 30 Apr 2015 01:42 WIB

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri

Penduduk Vietnam Malu tersenyum

Penduduk Vietnam Malu tersenyum

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, VIETNAM -- Anda yang gemar mengabadikan potret-potret unik ketika berkunjung ke suatu negara, mungkin Vietnam bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

Pasalnya, Anda akan melihat keunikan penduduk Vietnam yang kerap menutupi mulutnya dengan tangan ketika difoto.

Seorang fotografer asal Perancis, Rehahn, mendokumentasikan foto-foto penduduk Vietnam yang kerap tersenyum sambil menutupi mulutnya. Bagi Rehahn, tingkah laku yang menunjukan rasa malu ketika difoto tersebut merupakan salah satu bentuk kesopanan di negara itu dan menjadi titik perhatian Rehahn.

"Aku menyebutnya sebagai "Senyum Yang Tersembunyi"," ujar Rehahn, dilansir Dailymail Kamis (30/4). Rehahn yang menetap di Hoi An, Vietnam sejak 2011 lalu itupun melakukan observasi dan mendapat kesimpulan bahwa orang tua maupun anak-anak yang melakukan hal tersebut didasari oleh alasan yang berbeda.

Menurut Rehahn, anak-anak yang melakukan hal itu karena bingung harus berpose seperti apa. Sedangkan, orang tua yang melakukan hal demikian lebih kepada bersikap sopan, yakni menutupi giginya yang mulai tanggal.

"Penduduk Vietnam merupakan orang-orang positif dan optimis yang pernah saya temui. Hal tersebut memberikan saya energi positif setiap harinya," tutur Rehahn. Meski para penduduknya malu untuk menunjukan senyumnya, Rehahn menobatkan Vietnam sebagai negara paling berbahagia di dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA