Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Kulit Lebih Muda dalam 9 Hari Saja

Senin 27 Apr 2015 13:17 WIB

Rep: C35/ Red: Indira Rezkisari

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah.

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang khususnya wanita menginginkan kulit yang awet muda. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda menginginkannya.

Amy Wechsler MD seorang dokter kulit papan atas sekaligus psikiater menyatakan bahwa ketegangan dapat menyebabkan garis-garis pada wajah. Bahkan stres dapat menambahkan tiga sampai enam tahun untuk tampilan kulit.

Dalam bukunya The Mind – Beauty Connection; 9 Days to Reverse Stres Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin, Wechsler membahas bagaimana membalikkan tanda-tanda fisik penuaan akibat stres dengan memperlambatnya dan fokus pada diri sendiri. Rencana sembilan harinya itu memperkenalkan titik fokus baru (seperti kebiasaan tidur dan pilihan diet) yang harus dipertahankan setiap hari dan ideal untuk kehidupan sehari-hari.

Hari pertama

Sederhanakan. Banyaknya produk di pasaran bukan berarti semuanya cocok untuk kulit kita. Wechsler merekomendasikan untuk memulainya dengan pembersih yang lembut dan tabir surya untuk penggunaan siang hari, dan untuk malam hari hanya pembersih yang lembut.

Hari kedua

Mulailah tidur teratur. Wechler mencatat mayoritas orang berpikir tidur sebagai kemewahan, padahal itu adalah sebuah kebutuhan. “Kita memerlukan tidur dalam rangka memulihkan stamina tubuh”, katanya, dikutip dari Best Health Magazine, Senin (27/4).

Hari ketiga

Go green. Keluar menikmati alam dan berjalan kaki selama 20 menit dibawah sinar matahari (meskipun saat dingin, tidak ada matahari) akan memenuhi kebutuhan vitamin D dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Minum teh hijau yang sarat akan flavonoid sebagai antioksidan bagi tubuh.

Hari keempat

Makan yang baik. Pilihlah makanan olahan yang kaya nutrisi, untuk menjaga kestabilan gula darah. Memilih biji-bijian dan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, bulgur, dan gandum, yang kaya akan asam lemak yang memiliki sifat menghaluskan kulit.

Hari kelima

Bergeraklah. Bergeraklah setidaknya 30 menit per hari, karena setiap kegiatan dapat memacu jantung dan membuat Anda bernapas sedikit lebih keras daripada hanya duduk-duduk.

Hari keenam

Bersosialisasi. Rencanakan makan malam dengan teman-teman dan keluarga, atau menelepon teman-teman dan menghabiskan malam berbagi cerita besar yang mengisnpirasi dan membuat tertawa.

Hari ketujuh

Melawan stres. “Meditasi tidak hanya membantu Anda lebih baik dalam mengatasi stres, namun juga dapat membantu menjaga otak agar berfungsi secara optimal”, kata Wechsler.

Hari kedelapan

Tidur siang. Ada alasan orang Spanyol menyukai tidur siang. Hal itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan memperbaiki sel-sel tubuh, bahkan Anda akan melihat peningkatan stamina pada tubuh.

Hari kesembilan

Jeda. Waktunya untuk menghargai diri sendiri atas perubahan yang telah dilakukan. Pertimbangkanlah cara-cara penerapannya ke dalam rutinitas harian.

“Ada sesuatu yang menakjubkan tentang psikologis diri Anda pada saat memulai sesuatu, mengambil kendali dan fokus pada diri sendiri, rasanya menyenangkan dan memberikan kebebasan”, kata Wechsler.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA