Senin 27 Apr 2015 06:42 WIB

Ini Gizi Super Sayuran yang Sering tak Dilirik

Rep: MGROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Kembang kol
Foto: pixabay
Kembang kol

REPUBLIKA.CO.ID, Kembang kol merupakan sayuran persilangan kubis dengan brokoli yang menawarkan banyak manfaat bagi diet Anda. Selain untuk mencegah kanker, kesehatan otak, dan memiliki kandungan antioksidan tinggi, berikut alasan lainnya mengapa Anda harus mengonsumsi kembang kol. Seperti dilansir dari laman Healthmeup, Senin (24/4).

Anti inflamasi

Nutrisi dalam kembang kol dapat membantu mengontrol inflamasi. Kandungan Indole-3-carbinol atau I3C merupakan senyawa anti inflamasi yang bergerak pada tingkat genetik yang membantu mencegah respon inflamasi atau peradangan.

Perlancar pencernaan

Satu mangkuk kembang kol menawarkan sekitar 3,35 gram serat makanan. Hal ini dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan membantu menghilangkan limbah dalam tubuh. Selain itu, kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang memiliki efek perlindungan pada lapisan perut yang mencegah masuknya bakteri H. Pylori penyebab kanker.

Pertumbuhan jaringan

Kembang kol kaya akan antioksidan dan vitamin C yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya diperlukan untuk membentuk kolagen protein yang berguna untuk kulit, jaringan perut, tendon, dan ligamen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement