Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Netizen Kecam Guru Peringati dengan 'Menyembah' Foto Kartini

Kamis 23 Apr 2015 11:09 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Peringatan Hari Kartini di SMPN 2 Sragen.

Peringatan Hari Kartini di SMPN 2 Sragen.

Foto: Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Kartini setiap 21 April, biasanya disemarakkan dengan semeroni penghayatan perjuangan maupun penggunaan pakaian kebaya. Namun, peringatan yang dilakukan guru dan siswa SMPN 2 Sragen, Jawa Tengah, cukup nyeleneh.

Dengan memakai kebaya bagi guru perempuan dan blangon bagi guru pria, mereka berbejer melakukan sungkem kepada pahlawan nasional asal Jepara tersebut. Sementara, para siswa berjejer di belakang.

Foto Kartini dipajang di halaman sekolah. Dengan dihiasi bunga, para guru dan siswa bergantian melakukan ritual aneh, seperti 'menyembah' dengan menempelkan dua tangan ke depan.

Foto tersebut diunggah akun milik anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris di akun Twitter, @fahiraidris. Sontak saja foto yang dimuat sebuah media asal Solo tersebut banjir kecaman. Para netizen mempertanyakan mengapa Kepala Sekolah SMPN 2 Sragen, Natalina DM sampai memberkan penghormatan seperti itu.

Akun @SitiMar098 menulis komentar, "Realitas Indonesia. Merdeka namun suka menghambakan diri kpd benda dan makhluk. Ini jelas berlebihan Uni @fahiraidris #OpiniPagi."

Akun @_Handschar_ menilai, tindakan penghormatan seperti itu sudah terlalu berlebihan. "LEBAY dan PAGAN."

Pemilik akun @ed7corporation menyebut tindakan para guru itu tidak patut ditiru. "Salah kaprah, mau sok2an ada ritual tapi wagu."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA