Rabu 22 Apr 2015 18:40 WIB

Persiapan UN Online SMP Sudah 100 Persen

Rep: C36/ Red: Djibril Muhammad
UN SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
UN SMP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (CBT) alias online tingkat SMP 2015 Provinsi DKI Jakarta telah mencapai tahap final. Saat ini, sekolah pelaksana UN online tengah memasuki minggu tenang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jakarta, Tajuddin Nur, saat ditemui Republika, di kantornya, Rabu (22/4) sore. Menurutnya, pihak Disdik dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun sudah melakukan peninjauan terkait persiapan akhir sekolah.

"Semua keperluan ujian sudah dipersiapkan betul, baik dari sarana ujian, fasilitas pendukung hingga kegiatan try out sudah dilakukan. Bisa dibilang semua sudah ready," ujar Tajuddin.

Seperti diketahui, UN SMP/ sederajat akan berlangsung pada 4-7 Mei 2015. UN diikuti 1.084 SMP negeri dan swasta, 17 SMP LB, 242 MTs dan 13 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Dari seluruh sekolah tersebut, hanya ada satu SMP yang melaksanakan UN CBT, yakni SMPK Penabur 2 Jakarta Pusat.

Saat disinggung tentang persiapan UN berbasis kertas (PBT), Tajuddin menegaskan jika pekan ini sedang memasuki tahap akhir. Di sekolah-sekolah penyelenggara, ujarnya, sedang dilakukan try out terakhir UN.

Lebih lanjut Tajuddin memaparkan jika soal beserta lembar jawab UN PBT belum diterima pihaknya. "Hingga saat ini, soal masih ada di percetakan. Soal akan diantar pada Mei mendatang dan langsung didistribusikan dari lima wilayah," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, lima titik distribusi soal berpusat di SMPN 216 (Jakarta Pusat), SMPN 30 (Jakarta Utara), SMPN 45 (Jakarta Barat), SMPN 19 (Jakarta Selatan) dan SMPN 255 (Jakarta Timur).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement