Selasa 21 Apr 2015 21:00 WIB

Perempuan Lebih Berisiko Terserang Kanker

Popcorn, salah satu makanan yang berpotensi sebabkan kanker.
Foto: Reuters
Popcorn, salah satu makanan yang berpotensi sebabkan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Penyakit kanker disebut sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia, setelah jantung atau penyumbatan pembuluh darah. Perempuan disebut lebih berisiko terserang kanker.

"Kanker penyebab kematian nomor satu di dunia, sedangkan di Indonesia kanker nomor dua setelah jantung dan penyumbatan pembuluh darah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rubaeah dalam acara pencanangan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/4).

Ia mengatakan ada bermacam-macam penyakit kanker. Di antaranya kanker paru, kanker serviks atau mulut rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker kulit, kanker payudarah, kanker prostat, kanker tulang.

"Kanker lebih banyak menyerang perempuan daripada pria. Terutama kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker paru," katanya.

Wanita berisiko lebih tinggi menderita kanker dan secara umum penyebabnya karena adanya infeksi, gaya hidup, emosional, dan radikal bebas.

"Salah satunya merokok dan perokok pasif, minum minuman beralkohol, kurang menerapkan pola hidup teratur berolahraga, dan mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement