Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Kemlu: Alhamdulillah 85 WNI Aden Sudah Dievakuasi

Senin 13 Apr 2015 18:39 WIB

Red: Angga Indrawan

 Sejumlah warga sipil meninggalkan kota Aden dan Sanaa, Yaman, Senin (6/4).

Sejumlah warga sipil meninggalkan kota Aden dan Sanaa, Yaman, Senin (6/4).

Foto: Reuters/Khaled Abdullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 85 WNI yang berada di Aden, Yaman, hari ini, Senin (13/4) telah berhasil dievakuasi menuju Djibouti menggunakan kapal sewaan. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, 85 WNI dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, WNI kita di Aden, setelah beberapa kali mencoba akhirnya telah berhasil naik ke kapal menuju Djibouti," kata Arrmanatha di Jakarta, Senin (13/4).

85 WNI tersebut berangkat dari Aden menuju Djibouti pada Senin pukul 07.30 waktu setempat atau pukul 11.30 WIB menggunakan kapal sewaan dari Djibouti berkapasitas 200 penumpang. Kapal tersebut diperkirakan akan merapat di pelabuhan Djibouti pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 00.00 WIB.

Dalam rombongan tersebut juga terdapat 67 warga Malaysia, tiga warga Thailand dan delapan warga Yaman. "Pada intinya kita semua bekerja sama, baik dengan Malaysia, India, Thailand, dan para menlu negara masing-masing terus berkoordinasi bagaimana bisa saling membantu (evakuasi) karena ini misi kemanusiaan," kata Arrmanatha.

Sebelumnya, 10 WNI juga telah diangkut menumpang kapal perang India dan 11 WNI dengan kapal sewaan lainnya. Dubes Indonesia di Addis Ababa, Imam Santoso yang juga ketua Tim Percepatan Evakuasi WNI di Djibouti menyampaikan kelegaannya atas keberangkatan WNI dari Aden.

"Semua tidak mudah dan berliku. Tapi akhirnya Tuhan membantu kita. Kini kita berharap mereka aman di tengah lautan," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA