Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Manisnya Hidangan Pencuci Mulut dari Keju Ricotta

Senin 13 Apr 2015 07:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Canoli dengan isian keju ricotta yang diberi tambahan madu atau coklat adalah makanan manis yang sangat populer di Italia.

Canoli dengan isian keju ricotta yang diberi tambahan madu atau coklat adalah makanan manis yang sangat populer di Italia.

Foto: Republika/Indira Rezkisari

REPUBLIKA.CO.ID, Keju jenis ricotta tidak hanya cocok diracik sebagai makanan utama atau makanan bercitarasa gurih saja. Membuat hidangan pencuci mulut yang manis pun bisa dilakukan menggunakan ricotta.

Ricotta memiliki tekstur sedikit kasar tapi masuk dalam keluarga keju yang lunak. Karena dibuat dari susu segar dan biasanya tidak ditambahkan bahan pengawet, ricotta harus selalu disimpan dalam lemari pendingin dan segera dihabiskan setelah dibuka.

Fahmi Widarte, Greenfields Corporate Chef, dalam peluncurkan keju Ricotta dari Greenfields beberapa waktu lalu, mengatakan ricotta dikenal sebagai kejunya hidangan pencuci mulut bernama canoli. Di Italia, canoli atau semacam kue kering yang mirip semprong biasa dimakan dengan isian ricotta dan taburan gula halus.

Tak perlu ke Italia kalau ingin meniru hidangan pencuci mulut ini. Fahmi mengatakan, cukup ganti canoli dengan biskuit kesukaan. Lalu campur ricotta dengan madu atau bubuk coklat atau buah-buah potong kegemaran yang dihaluskan.

''Masukkan campuran ricotta dan semprotkan menggunakan piping bag ke biskuit,'' ujarnya.

Ricotta juga bisa dijadikan salah satu bahan pembuat cheese cake. ''Ricotta bisa menggantikan mascarpone yang biasa jadi bahan utama cheese cake. Dengan ricotta bahkan cheese cake akan berasa lebih creamy,'' katanya memaparkan.

Menyantap ricotta dengan potongan buah-buahan kegemaran juga bisa dilakukan untuk menggantikan krim kocok atau mayones yang kaya kalori. Cukup campurkan ricotta dengan madu dan yogurt lalu tuang ke atas potongan buah. Salad buah yang mudah dan nikmat siap dihidangkan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA