Senin 06 Apr 2015 21:11 WIB

Wah, Pelajar Diajarkan Buat Robot dari Barang Bekas

Robot Atlas
Foto: Youtube
Robot Atlas

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pelajar di Kota Sukabumi, Jawa Barat diajarkan merakit robot sederhana dengan menggunakan barang bekas yang ada di sekitar rumah. "Kami sengaja memberikan pembelajaran kepada pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA bagaimana caranya membuat robot dengan menggunakan bahan dari barang bekas, agar mereka bisa meningkatkan daya pikir dan kreativitasnya," kata Tutor Robot Inovator, Vincent Priyambudi, Senin (6/4).

Menurutnya, pembelajaran yang diberikan bertahap disesuaikan dengan usia dan daya pikir pelajar, agar bisa dinilai sejauh mana inovasinya tersebut. Pertama yang harus diketahui setiap pelajar harus mengetahui fungsi alat yang digunakan untuk membuat robot tersebut dan pihaknya hanya memberikan bimbingan saja dan dibiarkan si pelajar berinovasi sendiri.

Tujuan dari pembuatan robot ini diharapkan, si anak tidak lagi berjiwa konsumtif seperti hanya bisa membeli mainan saja, tetapi harus diubah pola pikirnya yang awalnya hanya bisa membeli tapi saat ini harus bisa membuatnya minimalnya dengan alat-alat yang sederhana. Selain itu, dengan merakit sendiri robot yang diinginkan oleh si anak maka bisa menambah tingkat kecerdasannya.

"Selama ini si anak hanya bisa disuguhkan berbagai perangkat elektronik dan teknologi seperti gadget dan lain-lain, tetapi tidak mampu memahami bagaimana cara membuatnya, tetapi dengan diajarkan membuat robot sederhana ini diharapkan mampu dikembangkan kembali," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar SMAN I Kota Sukabumi, Wahyu Ramadan mengatakan dirinya terinspirasi membuat robot dengan cara melihat diinternet dan dikembangkan sendiri melalui ide dirinya dan rekan-rekannya. Ternyata apa yang dipelajarinya lebih mudah jika langsung dipraktekan.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement