Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Jembatan Duplikasi Musi II Segera Difungsikan

Sabtu 21 Mar 2015 17:43 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Ilham

 Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Foto: Antara/Nia Fua'di

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Satu lagi jembatan yang melintas di atas Sungai Musi di Palembang segera difungsikan. Senin (23/3), Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah III Sumatera merencanakan akan melakukan uji coba jembatan yang berada persis di sebelah jembatan Musi II.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Metropolis Palembang, Aidil Fitri mengatakan, “Sebelum digunakan untuk umum, jembatan duplikasi Musi II akan dilakukan uji coba perlintasan guna mengetahui tingkat keselamatan berkendaraan di tersebut.”

Menurut Aidil Fitri, masa uji coba akan dibatasi dalam waktu tertentu, hanya bisa dilewati selama 8 jam saja.  “Pembukaan jembatan untuk uji coba dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB,” ujarnya, Sabtu (21/3).

Menurut Aidil Fitri, dibukanya jembatan duplikasi Musi II selama masa uji coba akan mengurangi beban jembatan Musi II. “Jembatan Musi II nanti hanya akan dilintasi satu arah kendaraan. Arah sebaliknya akan melewati duplikasi Jembatan Musi II. Dengan uji coba, akan bisa dilihat tingkat efektivitas dan pengurangan beban kendaraan di jembatan Musi II,” katanya.

Dari data jadwal pengerjaan proyek di BPPJN Wilayah III Sumatera, pembangunan jembatan duplikasi Musi II selesai Desember 2014, namun kemudian molor. Pembangunan jembatan duplikasi Musi II selesai sejak awal Maret dan sudah dilakukan audit keselamatan jembatan oleh Direktorat Bina dan Teknologi (Bintek) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Keberadaan jembatan duplikasi Musi II dari segi konstruksi dan bentuk berbeda dengan jembatan Musi II yang lebih dulu dibangun berbentuk diagonal dan horizontal. Pada duplikasinya, jembatan dengan panjang 697,8 meter membentuk lengkungan hingga membutuhkan kabel hanger baja yang menopang bentang jembatan.

Pelaksana Tehnis Pembangunan Jembatan Duplikasi Musi II BBPJN III Sumatera, Hazwar Edie mengatakan, jembatan duplikasi Musi II akan mengurangi volume kendaraan yang biasanya melintas di atas jembatan Musi II. Dari sebanyak 25.000 unit per hari nantinya bisa terbagi dua.

Jembatan Musi II selama ini merupakan jalur penghubung bagi kendaraan umum yang dilarang masuk kota dengan tujuan dari Lampung ke Jambi dan seterusnya atau sebaliknya dari Padang, Jambi yang akan menuju Lampung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA