Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Ikan Pari Raksasa Berhasil Ditangkap di Thailand

Senin 16 Mar 2015 17:07 WIB

Rep: c 15/ Red: Indah Wulandari

Ikan Pari

Ikan Pari

REPUBLIKA.CO.ID,THAILAND -- Seorang nelayan bersama ilmuwan Thailand berhasil menangkap sebuah ikan pari raksasa di perairan air tawar sungai Mae Klong, Thailand, Senin (16/3).

Ikan pari tersebut berhasil ditemukan setelah nelayan tersebut mencoba mengumpan selama lima jam. Hanya dengan mengandalkan kayu pancing tradisional, dan bermodal sampan tua, akhirnya tim ini mampu menangkap ikan pari berwarna coklat tersebut.

"Ini ikan terbesar yang pernah ada, meskipun saya yakin masih ada yang lebih besar lagi," ujar ilmuwan asal Thailand Jeff Corwin seperti dikutip Washington Post.

Setelah diukur, ikan pari ini memnag ternyata paling besar di jenisnya, dan sudah berumur tua. Meski ia hidup di air tawar, ikan pari ini diperkirakan memiliki usia ratusan tahun. Panjang ikan sekitar 14 kaki atau 6,25 meter lebar 8 kaki atau 1 meter dan berat sekitar 600-800 kilogram.

Ikan ini merupakan tangkapan kedua terbesar. Sebelumnya, tim Thailand sudah pernah menangkap seekor lele jumbo di perairan yang sama pada 2005.

Rencananya, usai mendapatkan sampel darah dan gen, para peneliti kembali melepas ikan pari tersebut dan meneliti ikan tersebut pada laboratorium.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA