Ahad 15 Mar 2015 07:49 WIB

Tembakan Ary Chandra Akhiri Perlawanan Aspac

Ary Chandra (pegang bola)
Foto: NBL Indonesia
Ary Chandra (pegang bola)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Suguhan laga superketat antara Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta dan Aspac menutup hari keempat IndiHome National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015 Seri VIII Yogyakarta di GOR UNY, Sabtu (14/3). Big match memperebutkan keunggulan head-to-head itu akhirnya dimenangkan oleh Pelita Jaya dengan skor 78-74.

Mengawali pertandingan dengan head-to-head sama kuat (1-1), kedua tim tampil ngotot. Ketegangan terus berlanjut sejak tip-off hingga detik-detik terakhir pertandingan.

Pada sisa 21 detik, free throw Andakara Prastawa Dhyaksa menjadikan skor sama kuat 74-74. Kelly Purwanto menjadi pembangkit semangat Pelita Jaya lewat free throw di sisa 6 detik. Pelita Jaya kembali memimpin 75-74.

Akhirnya laga seru ini mencapai klimaksnya saat 3-point jump shot dari Ary Chandra berhasil berbuah poin. Bertepatan dengan buzzer, pemain yang akrab disapa Aceng itu sukses menjaringkan bola.

Kemenangan ini sekaligus membawa Pelita Jaya menduduki puncak klasemen sementara dengan koleksi 48 poin hasil 22 kemenangan dan 4 kalah dari 26 laga yang telah dilakoni (22-4).

Jumlah poin yang sama (48) juga dikumpulkan oleh Aspac Jakarta di urutan kedua (21-6), serta Satria Muda BritAma Jakarta (23-2).  Karena melibatkan tiga tim dengan poin sama, susunan peringkat klasemen sementara menggunakan goal difference alias selisih poin diantara ketiga tim tersebut.

Pelita Jaya memulai laga dengan meyakinkan dan memimpin jalannya pertandingan. Namun, Aspac akhirnya bisa memperkecil skor (17-25) melalui 2-point jump shot Kristian Liem. Skor akhir 25-17 untuk keunggulan Pelita Jaya bertahan hingga buzzer kuarter pertama. Adhi Pratama Prasetyo Putra mencetak 10 poin untuk Pelita Jaya di kuarter pertama.

Di kuarter kedua, Pelita Jaya mengamankan kedudukan. Ponsianus ‘Komink’ Nyoman Indrawan membuat Pelita Jaya unggul 7 poin (34-27) dengan 2-point jump shot. Kuarter kedua ditutup dengan skor 34-27 untuk keunggulan Pelita Jaya.

Kembali memasuki lapangan setelah istirahat, Aspac mampu membalikkan keadaan. Free throw dari Rizky Effendi membuat skor berbalik 52-50 untuk keunggulan Aspac. Hingga buzzer berbunyi, Aspac masih memimpin. Andakara Prastawa Dhyaksa mencetak 9 poin bagi Aspac di kuarter ketiga ini.

Pertandingan memanas saat memasuki kuarter terakhir. Kedua tim saling susul perolehan poin. Hingga akhirnya kemenangan ditentukan di detik-detik akhir pertandingan.

Adhi Pratama Prasetyo Putra tampil impresif dengan mencetak double-double di laga ini setelah mengemas 12 poin ditambah 13 rebound. Sementara itu, pencetak poin terbanyak bagi Pelita Jaya adalah Amin Prihantono dengan 18 poin, disusul Ponsianus ‘Komink’ Nyoman Indrawan (17 poin), serta Ary Chandra (10 poin).

”Anak-anak bekerja bagus mengunci lawan agar tidak melepaskan tembakan tiga angka. Sayang, mereka masih bisa masuk ke dalam. Salut buat  Komink (Ponsianus Nyoman Indrawan) yang berperan bagus dengan memenangkan pertarungan di bawah ring. Amin juga tampil bagus dengan ketajamannya hari ini,” puji Coach Inal, sapaan pelatih Pelita Jaya AF Rinaldo.

Sementara itu, di kubu Aspac, Andakara Prastawa Dhyaksa tampil paling impresif dengan mencetak 32 poin. ”Kami  kalah dalam defensive rebound. Ditambah turnover juga terlalu banyak. Namun saya salut dengan upaya anak-anak, karena meski ketinggalan jauh akhirnya bisa kejar lagi,” ujar Rastafari Horongbala, head coach Aspac. 

sumber : NBL Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement