Sabtu 14 Mar 2015 11:15 WIB

Minyak dan Lemak Ini Baik untuk Tubuh

Pilih minyak zaitun yang extra-virgin.
Foto: oliveoilexcellence.com
Pilih minyak zaitun yang extra-virgin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demi menjaga kesehatan dan bentuk tubuh, kita biasanya menghindari lemak dan minyak. Padahal, tidak semua minyak dan lemak buruk untuk tubuh. Seperti yang dilansir dari Female First, delapan jenis minyak dan lemak ini baik untuk tubuh.

- Minyak Zaitun

Minyak zaitun digunakan dalam diet ala Mediterania. Minyak ini memperbaiki fungsi kardiovaskular, aliran darah dan fungsi kognitif.

- Minyak Kelapa

Minyak yang termasuk dalam kategori superfood ini banyak dikonsumsi oleh populasi tersehat di dunia. Minyak kelapa juga cocok untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan. Kandungan fatty acid dalam minyak kelapa dapat mempercepat metabolisme sehingga menambah energi lebih banyak.

- Minyak Borage

Minyak borage biasanya digunakan untuk mencegah bengkak seperti eksim dan artritis. Minyak borage sulit untuk ditemukan. Biasanya terdapat dalam suplemen.

- Minyak Biji rami

Minyak ini memiliki konsentrasi yang seimbang antara omega fatty acid 3,6 dan 9. Penelitian menunjukan minyak ini menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki kardiovaskular. Mengonsumsi minyak biji rami secara teratur dapat membuat rambut halus dan lebih tebal, kulit lebih lembut dan kuku lebih kuat.

- Minyak Flax Seed

Minyak ini mengandung omega 3 terbanyak. Konsumsi yang tepat dapat memperbaiki kesehatan kardiovaskular.

- Minyak Biji Labu

Minyak ini memperbaiki kesehatan prostat karena kandungan zinc-nya. Minyak jenis ini juga membanti wanita dalam menghadapi menopause karena dapat mengurangi tekanan darah, sakit kepala dan gejala menopause lainnya.

- Minyak Alpukat

Minyak alpukat berguna untuk kesehatan kulit. Minyak ini juga mengandung antioksiden yang dapat membuat kulit lebih halus.

- Minyak Ikan

Minyak ini didapat dari lemak salmon, tuna, makarel, sarden dan anchovies. Peneliti percaya minyak ini memiliki kandungan omega 3 terbanyak yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement