Ahad 08 Mar 2015 19:47 WIB

Mahasiswa Pertanian Ditantang Ciptakan Ubi 60 Kilo

Pedagan ubi cilembu (Ilustrasi)
Foto: Bisnis Jabar
Pedagan ubi cilembu (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian (IMATETA) Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) diharapkan mampu menciptakan tanaman ubi kayu dengan hasil seberat 60 kilogram per pohon. Pembantu Rektor III USU, Raja Bongsu Hutagalung mengatakan IMATETA ditantang untuk bisa melaksanakan hasil tanaman ubi kayu yang memiliki berat mencapai 60 kg per pohon, karena selama ini ubi kayu yang dihasilkan petani hanya mencapai seberat 5 kg hingga 10 kg per pohon.

Dia mengatakan IMATETA dianggap bisa membuat teroboson tanaman ubi yang mencapai seberat itu. ""Dulunya para petani ubi kayu memanen tanaman mereka, dan ada yang mencapai seberat 60 kg per pohon, namun saat ini jarang ditemukan lagi," katanya, Ahad (8/3).

Raja Bongsu menjelaskan, IMATETA bisa saja menghasilkan tanaman ubi kayu ukuran besar dengan cara menggabungkan bibit tanaman ubi kayu yang terdiri dari berbagai jenis itu. Dia juga menambahkan, IMATETA yang dipercaya sebagai penyelenggara Seminar dan Kongres Nasional Ikatan Mahasiswa Teknik Pertaniana Indonesia (IMATETANI) IX harus menunjukkan kemampuan dengan mahasiswa dari berbagai Universitas lainnya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement