Kamis 05 Mar 2015 18:42 WIB

SM Panaskan Persaingan Papan Atas

Guard Satria Muda, Bonanza Siregar (pegang bola).
Foto: NBL
Guard Satria Muda, Bonanza Siregar (pegang bola).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Satria Muda (SM) BritAma Jakarta memanaskan persaingan di puncak klasemen sementara IndiHome National Basketball League (NBL) Indonesia. Menyusul keberhasilan tim polesan Cokorda Raka Satrya Wibawa itu memetik kemenangan 77-55, atas Bimasakti Nikko Steel Malang, pada Seri VII Semarang, di GOR Sahabat, Kamis (5/3).

Satria Muda kini mengoleksi 39 poin hasil dari 19 kali menang dan hanya sekali kalah (19-1). Jumlah ini sama dengan perolehan poin Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta di urutan kedua (18-3). Hanya, Pelita Jaya lebih banyak jumlah pertandingan yang telah dijalani. Sementara M88 Aspac Jakarta masih di puncak dengan koleksi 40 poin dari 22 laga (18-4).

Kemenangan atas Bimasakti ini sekaligus memastikan Satria Muda unggul head-to-head (2-0). Satria Muda sebelumnya mencatatkan kemenangan, 75-45 di Seri III Malang, 15 Januari lalu.

Penampilan gemilang ditunjukkan beberapa pemain Satria Muda. Di antaranya, Chrismast Bonanza Siregar yang mencetak double-double di laga ini. Shooting guard kelahiran Mempawah (Sumatera Utara) itu mengemas 10 poin ditambah 11 rebound. Disusul, Gunawan yang nyaris mencetak double-double setelah mengemas 15 poin ditambah 8 rebound, serta Rony Gunawan (10 poin).

Meski menghadapi tim papan atas, Bimasakti memberikan perlawanan sengit. Satria Muda hanya mampu unggul 2 poin di kuarter pertama lewat tip-in Avan Seputra pada detik-detik akhir. Skor 18-16 menutup kuarter pertama untuk keunggulan Satria Muda. Kevin Yonas Sitorus mencetak 5 poin untuk Satria Muda di kuarter ini.

Perlawanan Bimasakti berlanjut kuarter kedua. Kevin membuat Satria Muda unggul 5 poin (33-28) lewat 2-point jump shot. Namun, di sisa 3 detik, Bintang Jalasena Anoraga mencetak 2 poin melalui tip-in. Skor pun berubah 30-33. Satria Muda tetap unggul di akhir kuarter kedua. Yanuar Priasmoro menyumbangkan 7 poin untuk Bimasakti di kuarter kedua.

Satria Muda baru bisa lepas dari kawalan Bimasakti di kuarter ketiga. Mereka menambahkan 17 poin yang hanya mampu dibalas 7 poin oleh Bimasakti. Lewat 2 free throw Bonanza Siregar, Satria Muda menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 13 poin. Satria Muda bisa mempertahankan kedudukan dengan skor 50-37.

Arki Dikania Wisnu dkk hanya tinggal menjaga keunggulan di kuarter terakhir. Penonton yang hadir bersorak ketika Avan Seputra mencetak 2 poin lewat aksi slam dunk di awal kuarter keempat. Lewat 2-point jump shot Mulianto Halim, Satria Muda memastikan kemenangan dengan margin 22 poin (77-55).

”Baru kali pertama ini kami merasakan bermain di GOR Sahabat. Jadi faktor lapangan sedikit mempengaruhi permainan anak-anak tadi. Memasuki kuarter ketiga, anak-anak mulai beradaptasi sehingga mampu memenangi game ini,” papar Coach Wiwin, sapaan akrab pelatih Satria Muda.

sumber : NBL Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement