Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Aher Ingin Ubah Paradigma Satpol PP SDM Sisa

Selasa 03 Mar 2015 19:47 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad

Gubernur Jabar Aher di Stadion Jakabaring.

Gubernur Jabar Aher di Stadion Jakabaring.

Foto: Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, ingin membangun paradigma Satpol PP sebagai aparat yang akan menegakkan Perda. Aher,ingin Satpol PP dengan pardigma baru.

"Kami ingin mengubah paradigma Satpol PP bahwa Satpol PP itu SDM (sumeber daya manusia) sisa. Tak seperti itu, justru yang ada Satpol PP itu SDM unggulan," ujar Aher kepada wartawan usai menghadiri peringatan tingkat nasional Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat, di Lapangan Gasibu, Selasa (3/3).

Aher mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan SDM unggul. Karena, harus memiliki dua kecerdasan yakni secara fisik dan intelektual supaya dapat menegakkan peraturan daerah.

"Pertama, kita membangun paradigma yang sesungguhnya. Satpol PP aparat yang akan menegakkan perda. Tentu, mereka itu memerlukan dua kecerdasan fisik dan intelektual," katanya.     

Kecerdasan secara fisik, menurut Aher, wajib dimiliki oleh setiap anggota Satpol PP karena dalam melaksanakan tugasnya mereka bisa dihadapkan dengan berbagai macam risiko di lapangan. Jadi, Satpol PP harus memiliki fisik yang kuat dibandingkan PNS yang lain.

"Oleh karena itu, saya memandang bahwa Satpol PP itu PNS unggulan di dalamnya karena harus memahami bagaimana Perda, penegakanya pengawasannya dengan kecerdasannya," kata dia.     

Sementara itu, terkait dengan citra Satpol PP identik dengan kekerasan, Aher menilai hal tersebut mungkin dilakukan oleh oknum tertentu. Kalau pun ada kasus, itu oknum satu di antara banyak Satpol PP.

"Kalau kasus ya semua tunduk pada hukum. Kejaksaan, polisi saja tunduk. Dan saya berharap kekerasan yang pernah terjadi mungkin oleh oknum tidak terjadi lagi ke depan," kata dia.

Aher berharap, kekerasan yang pernah terjadi oleh oknum tidak terjadi lagi ke depan. Sebab, Satpol PP petugas unggulan dari kabupaten/kota yang ditugaskan memahami Perda dam menegakkannya. Serta, mengawasi Perda dengan baik.

Dikatakan Aher, himbauan Kemendagri untuk memberikan perhatian ke Satpol PP sudah  dilakukan oleh Pemprov Jabar. Yakni, sebagaiman ke PNS yang lain, Pemprov Jabar pun memberikan perhatian ke Satpol PP. Di antaranya, memberikan tunjangan daerah dan fasilitas dilengkapi.

"Pakaian, kendaraan, sarana dan prasarana kami lengkapi, Tapi, yang penting cara pandang tadi Satpol PP bukan orang sisa tapi unggulan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA