Jumat 27 Feb 2015 08:01 WIB

Hormon Estrogen Lindungi Perempuan dari Serangan Jantung

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Hormon estrogen
Foto: betterbydrbrooke.com
Hormon estrogen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli Bedah Jantung Siloam Hospitals Kebon Jeruk Maizul Anwar mengatakan, penyakit jantung secara umum diderita laki-laki. Pada perempuan hormon estrogen membantu memproteksi mereka dari serangan jantung koroner.

Sebelum menopause, kata Maizul, jumlah perbandingan antara laki-laki dan perempuan yang terkena serangan jantung sebanyak 80 persen laki-laki dan 20 persen perempuan. "Setelah menopause dan hormon estrogen menurun, perbandingan serangan jantung kepada laki-laki dan perempuan jadi 50:50," katanya, Kamis, (26/2).

Perempuan yang terkena penyakit jantung sebelum menopause biasanya karena kolestrol tinggi, perokok berat dan keturunan. "Secara umum  perempuan sebenarnya lebih beruntung karena terlindungi hormon estrogen," ujar Maizul.

Perempuan yang  terkena serangan jantung sebelum menopause jumlahnya hanya sekitar lima sampai 10 persen. Maizul mengatakan  sebenarnya proses penyumbatan pembuluh darah jantung tidak terjadi secara tiba-tiba. Proses penyumbatan itu terjadi bertahun-tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement