Kamis 26 Feb 2015 21:33 WIB

Perpustakaan UMY Terakreditasi A

Rep: Yulianingsih/ Red: Indah Wulandari
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.
Foto: muhammadiyah.or.id
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini mendapat akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional.

Selain UMY, ada tujuh perpustakaan lain di DIY yang mendapat akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional tersebut tahun ini.

Ketujuh perpustakaan tersebut, antara lain milik Universitas Gajah Mada (UGM),  Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, STIKES  Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sapen, dan SMP 2 Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

"Persiapan kita sekitar satu tahun untuk penilaian akreditasi ini dan hasilnya memuaskan," ujarepala Perpustakaan UMY Laksa HS, Kamis (26/2).

Pihaknya mengaku sudah melakukan banyak pembenahan dan  peningkatan delapan program utama dalam manajemen perpustakaan. Sementara penilaian akreditasi dilakukan pada Desember 2014 lalu.

Pembenahan yang dilakukan untuk mencapai akreditasi tersebut adalah terkait  kerjasama, peningkatan sumber daya manusia (SDM), menambah dan mendata koleksi buku yang kita punya, perbaikan pelayanan, memaksimalkan Sarana dan Prasana dan pengorganisasian materi perpustakaan.

"Kita juga terus merawat koleksi perpustakaan agar siap guna, serta yang terpenting adalah profil perpustakaan kita jelas arahnya,” ujarnya.

Perpustakaan UMY kata dia, sering memberikan salinan koleksi kepada perputakaan lain seperti Perpustakaan Universitas Negeri Solo, STIE Cilacap, Universitas Muhammadiyah Magelang, serta membina perpustakaan di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang ada di Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement