Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Bayi Rewel? Pijatan Ibu Bisa Mengatasinya

Kamis 26 Feb 2015 18:43 WIB

Red: Indira Rezkisari

Bayi dipijat oleh ibunya.

Bayi dipijat oleh ibunya.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Stimulasi pijat bisa membantu bayi latihan relaksasi sehingga tidak rewel dan lebih periang, kata pakar sentuhan, DR. dr. I Gusti Ayu Trisna Windiani, SpA(K) di Jakarta, Kamis (26/2).

Ia menjelaskan bahwa stimulasi pijat bisa meningkatkan sekresi hormon serotonin yang berfungsi menekan hormon stres. Hormon inilah yang membantu bayi rileks dan bisa tidur lebih lelap.

Selain itu, dia melanjutkan, stimulasi pijat bisa membantu penjalinan ikatan antara ibu dan bayi asal dilakukan secara teratur sesuai dengan tata cara dan teknik pemijatan bayi. "Sebaiknya pijatan dilakukan oleh orang tua sendiri agar menimbulkan kedekatan," kata dr. Trisna.

Ia menambahkan, stimulasi pijat juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem respirasi bayi serta mendukung peningkatan performa kognitif, kewaspadaan dan perhatian bayi.

"Ketika bayi stres, sirkulasi darahnya akan terganggu. Tetapi dengan stimulasi pijat, nadinya akan bagus, respirasinya akan bagus, aliran oksigennya bagus, " kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA