Kamis 26 Feb 2015 13:00 WIB

Anies Baswedan: Sekolah Harus Punya Tempat di Hati Anak-Anak

Rep: c64/ Red: Angga Indrawan
 Mendikbud Anies Baswedan
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mendikbud Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Sampai hari ini, tak jarang sekolah hanya sebagai tempat mengenyam pendidikan formal. Mestinya, sekolah pun harus bisa menjadi sahabat, dan menjadi tempat tersendiri di hati anak-anak.

"Fenomena saat ini anak-anak hanya menempatkan sekolah untuk belajar saja, bukan tempat nyaman untuk aktivitas mereka," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Kamis (26/2).

Padahal, kata dia, Ki Hajar Dewantara membentuk sekolah menjadi tempat yang dirindukan anak-anak. Sekolah yang dibangun Ki Hajar, kata Anies, merupakan tempat yang membuat anak-anak nyaman melakukan berbagai kegiatan.

"Laiknya sebuah taman yang menyenangkan," lanjut Anies.

Pernyaataan itu  disampaikan dalam kesempatannya berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri Dukuhan Kerten 1, Surakarta, Kamis (26/2). Menurutnya, sekolah yang dikunjunginya itu telah berhasil menerapkan apa yang telah diajarkan oleh guru Indonesia Ki Hajar Dewantara.

"Hal inilah yang penting dalam mendidik anak, menjadikan sekolah yang menyenangkan bukan sebaliknya, yang membuat anak-anak enggan merindukan sekolah," lanjutnya.

Ia mengharapkan sekolah lainnya dapat meniru dan membuat sekolah yang menyenangkan untuk anak saat belajar maupun aktivitas positif lain. "Sehingga anak-anak yang tercipta adalah anak yang senang datang dan berat hati meninggalkan sekolah," ujarnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement