Rabu 25 Feb 2015 14:38 WIB

Jelang AEC, UMY Gandeng PT Thailand

Rep: yulianingsih/ Red: Damanhuri Zuhri
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang pemberlakuan ASEAN Economic Community (AEC) akhir 2015, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggencarkan kerjasama dengan perguruan tinggi (PT) luar negeri salah satunya dengaan Khon Kaen University Thailand.

Tahun ini Pascasarjana UMY menjajaki kerjasama dengan perguruan tinggi Thailand. Direktur Pascasarjana UMY, Achmad Nurmandi mengatakan, kerjasama dengan Perguruan Tinggi Thailand ini menyangkut penelitian. "Kerjasama ini akan kita mulai 2016 mendatang," ujarnya, Rabu (25/2).

Penelitian yang dikerjasamakan pun difokuskan pada empat hal yang paling utama. Keempat hal ini menyangkut  masalah hukum, pemerintahan yang terkait dengan manajemen konflik, pendidikan, dan kesehatan. Pihak Khon Kaen University sendiri sudah melakukan kunjungan ke UMY, Rabu.

Kerjasama tersebut, menurut Nurmandi menjadi hal yang penting dilakukan oleh kedua universitas untuk menciptakan suasana akademik yang lebih baik.

Kerjasama research collaboration itu pun diharapkan bisa berlanjut hingga ke joint publication, agar penelitian yang sudah dilakukan oleh Khon Kaen dan UMY bisa terpublikasikan di jurnal ilmiah keduanya.

 "Kami juga berharap akan ada joint publication. Dengan begitu, hasil penelitian yang sudah kami lakukan tidak hanya dipublikasikan di jurnal masing-masing. Tapi juga bisa dipublikasikan di jurnal kedua universitas," kata Nurmandi menerangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement