Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Bangka Tengah Anggarkan Rp 69 Miliar Darurat Banjir

Selasa 24 Feb 2015 23:40 WIB

Red: Angga Indrawan

Banjir. Ilustrasi

Banjir. Ilustrasi

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengusulkan dana darurat banjir kepada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sebesar Rp 69 miliar.

"Saya sudah paparkan kerusakan akibat banjir beberapa waktu lalu dan mengusulkan dana atasi banjir Rp 69 miliar," kata Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, usulan dana sebesar itu mendapat respons positif dari Gubernur Bangka Belitung dan akan dianggarkan dari pos dana talangan tanggap darurat.

"Dana tersebut dialokasikan dalam ABT dan APBD perubahan 2015. Tentu dukungan dana dari pemerintah provinsi ini sangat membantu mengatasi persoalan banjir di daerah ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, anggaran tersebut untuk membangun fasilitas umum di Kecamatan Lubuk Besar dan Koba serta dilakukan pemisahan mana yang menjadi tanggung jawab Pemkab Bangka Tengah dan mana menjadi kewenangan Pemprov Bangka Belitung.

Ada 12 titik daerah rawan banjir di Kecamatan Lubuk Besar dan Koba yaitu Jalan Lubuk Lingkuk, Desa Magelang, Dusun Melingai, Desa Lubuk Pabrik, Magelang, Jalan By Pass Koba, Kelurahan Padang Mulya, Desa Nibung dan lainnya.

"Daerah ini jadi banjir karena hutan sudah mulai gundul dan maraknya aktivitas penambangan bijih timah secara liar," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA