Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Cari Pesawat Air Asia, JK Sebut Peran Nelayan Sangat Penting

Selasa 24 Feb 2015 11:29 WIB

Rep: Dessy S Saputri/ Red: Erik Purnama Putra

Wapres JK.

Wapres JK.

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi kepada para nelayan yang turut membantu pencarian para korban jatuhnya pesawat Air Asia pada Desember 2014 silam. Menurutnya, para nelayan juga memiliki peran penting dalam upaya pencarian dan penyelamatan pesawat AirAsia QZ 8501 jurusan Surabaya-Singapura tersebut.

Kalla menjelaskan, para nelayan juga turut membantu memberikan informasi pencarian para korban baik di wilayah Kalimantan maupun Sulawesi. Dengan bantuan informasi yang mereka berikan, tim pencari pun mampu menemukan petunjuk penemuan pesawat.

"Tapi ada satu yang belum tercantum dan sangat penting, yaitu nelayan. Karena nelayan lah yang berikan informasi yang penting di Kalimantan dan Sulawesi," kata JK di kantor Basarnas, Jakarta, Selasa (24/2).

JK memberikan apresiasi kepada para nelayan saat ia menghadiri acara sarasehan Bansarnas. Dalam acara tersebut, JK juga turut memberikan penghargaan kepada Basarnas.

Selain memberikan apresiasi kepada Basarnas, JK juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang membantu, termasuk TNI Polri, rumah sakit, dan lain-lain. Dengan bantuan mereka, lanjutnya, akhirnya pemerintah berhasil menemukan kotak hitam pesawat guna mengungkap penyebab peristiwa tersebut.

Namun, sayangnya tak ada penghargaan yang diberikan kepada para nelayan yang turut membantu dalam pencarian pesawat. Untuk diketahui, terdapat dua nelayan yang membantu mencari puing pesawat Air Asia. Sedangkan, satu orang lainnya merupakan seorang peternak ayam.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dan Komando Distrik Militer 1014 Pangkalan Bun telah memberikan penghargaan kepada ketiganya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA