Senin 23 Feb 2015 16:18 WIB

Mobil Ramah Lingkungan UMM Siap Tanding di Manila

Tim UMM akan mengikuti lomba Shell Eco Marathon Asia di Filipina.
Foto: UMM
Tim UMM akan mengikuti lomba Shell Eco Marathon Asia di Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Akhir bulan ini, mulai 26 Februari hingga 1 Maret 2015, rancangan mobil mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan bertanding di ajang internasional Shell Eco-Marathon Asia (SEMA) 2015 di Manila, Filipina. Tim dari UMM yang dinamai Genetro Suryo ini berhasil mendesain mobil berbahan bakar ethanol.

Rektor UMM  Muhadjir Effendy berharap mahasiswa terus mendukung langkah UMM dalam mewujudkan kampus ramah lingkungan. Dimulai dari energi alternatif, dia harap mahasiswa FT memiliki gedung tersendiri yang bisa memamerkan hasil karya mahasiswa. "Di dalamnya terdapat pameran energi alternatif, mobil ramah lingkungan, robot-robot, dan lain-lainnya. Ke depan juga harus bisa membuat produk sendiri yang laik dijual dan dipasarkan,” ujar Muhadjir.

Hal senada juga disampaikan manajer Tim Genetro Suryo, Iqbal Pandu Prayogo. Mahasiswa Teknik Elektro ini berharap UMM tidak hanya menciptakan kendaraan khusus yang bisa meningkatkan efisiensi dan ramah lingkungan, namun teknologinya dapat dikembangkan terus menerus. Ia berharap mobil ini bukan hanya memenangkan lomba, namun ada juga tindak lanjut bagi pengembangan teknologi di UMM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement