Kamis 19 Feb 2015 14:41 WIB

Cara Sehat Menggunakan Toilet Umum

Rep: MG ROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Toilet Wanita (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Toilet Wanita (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda bahwa kuman ada di mana-mana, termasuk di toilet umum yang Anda gunakan? Meskipun tampak bersih, tidak menutup kemungkinan kuman bersarang di toilet yang digunakan bersamaan dengan orang lain.

Ahli mikrologi Jason Tetro mengatakan, hasil penelitian baru-baru ini menunjukkan adanya mikroba alami dari toilet umum. "Terdapat ratusan ribu bakteri setiap centimeter persegi pada toilet umum, hal ini tergantung seberapa sering toilet tersebut dibersihkan," katanya, dikutip dari Womenhealthmag, Kamis (19/2).

Untuk mencegahnya, Anda sebagai pengguna sebaiknya membersihkan toilet dengan tisu sebelum menggunakannya. Cara ini dapat memberikan sedikit perlingungan ekstra pada kulit Anda. "Anda dapat menaruh tisu pada kursi duduk. Hal ini sedikit membantu agar Anda tidak terinfeksi kuman-kuman tersebut," ujarnya.

Setelah itu, mungkin Anda dapat menggunakan kaki untuk menekan tombol siram toilet. Ini agar tangan Anda tidak terkontaminasi oleh kuman.

Kemudian sebaiknya Anda mencuci tangan setelah buang air. Tujuannya untuk membantu Anda tercegah dari kuman-kuman yang bersarang di toilet. "Cuci tangan Anda dengan benar dengan menggunakan sabun dan menggosoknya selama 15-20 detik."

Jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan tisu atau alat pengering agar bakteri yang menempel dapat mati dengan segera. Lindungi pula tubuh dengan vitamin dan nutrisi agar kekebalan tubuh terjaga dan Anda tak mudah terserang penyakit dari bakteri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement